Cara Memperbaiki Hardisk Yang Rusak & Bad Sector

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sektor Dan Hardisk Yang Rusak

cara memperbaiki hardisk yang rusak bad sector

cara memperbaiki hardisk yang rusak

Mengetahui cara memperbaiki hardisk yang rusak dan bad sector serta melakukan pemecahan masalah dasar adalah proses yang sangat mudah. Tetapi jika ada komplikasi serius dalam harddisk, mungkin anda perlu bimbingan profesional.  Dalam artikel  blog jaringankomputer.org ini kita akan belajar cara memperbaiki hardisk yang rusak dan bad sector yang mungkin menimbulkan permasalahan serius.

Serupa dengan komponen lain pada komputer, hardisk  juga rentan terhadap komplikasi dan kerusakan. Mungkin anda pernah mengalami permasalahan hardisk pada komputer, tiba-tiba file tidak dapat di akses atau program sangat lambat diakses dan kadang muncul pesan error, bahwa file mengalami masalah, hal ini kemungkinan besar ada masalah dengan bad sector harddisk yang menyimpan data tersebut.

Ketika anda menemukan atau mengalami  permasalahan hardisk pada komputer, mungkin anda bingung dan mencari cara memperbaiki hardisk rusak dan bad sector. Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara memperbaiki hardisk yang rusak atau bermasalah dengan langkah dan pedoman sederhana, Anda dapat mendiagnosa masalah sebenarnya dan mencoba untuk memperbaikinya dan tidak perlu menelepon pada teknisi komputer profesional jika muncul persan error di layar yang berhubungan dengan harddisk. Anda harus terlebih dahulu mendiagnosa masalah sebenarnya, mencoba untuk memecahkan masalah ini, dan jika Anda tidak berhasil, maka Anda dapat melanjutkan dengan menghubungi layanan perbaikan komputer.

Permasalahan Hardisk  Dan Cara Memperbaiki Hardisk Yang Rusak

Ada banyak jenis kesalahan yang mungkin muncul di layar karena  hardisk bermasalah. Jika ada psean kesalahan yang pada monitor komputer, tetapi tidak ada suara mengklik atau suara gesekan dari hard disk, maka Anda perlu tahu bahwa hal itu adalah masalah yang dapat diselesaikan dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak. Tetapi jika ada suara tertentu yang berasal dari harddisk maka perlu disadari bahwa hal itu adalah masalah hardware yang seriuas dan hanyabisa diperbaiki oleh  seorang profesional, Jika hardisk Anda masih garansi, Anda bisa mendapatkan layanan gratis untuk memperbaikinya. Pembahasan pada artikel ini hanya membahas cara Memperbaiki hardisk yang rusak Dan Bad Sector yang disebakan kegagalan dari segi software saja

Cara Memperbaiki Bad Sector Hardisk

Jika hardisk tidak membuat kebisingan, tetapi ada beberapa kesalahan yang muncul di layar, Anda dapat mencoba cara memperbaiki bad sector pada hardisk. Hardisk memiliki beberapa sektor di mana data akan disimpan. Bad Sector pada hardisk secara umum ada 2 macam, yaitu karena kegagalan mekanik atau fisik dan karena kegagalan software. Bad sector secara fsik atau mekanik, seperti permukaan lempengan metal  penyimpan data di hardisk rusak secara  permanen misalnya karena tergores, berdebu, atau karen benturan keras dan sebagainya. Sedangkan bad sector software biasanyaa terjadi ketika hardisk sedang bekerja atau mengakses program tiba-tiba power atau arus listrik mati dan sebagainya.

 jika sektor ini berjalan buruk, data disimpan di atasnya akan hilang dan tidak dapat diakses. Namun, data di sektor lain dari disk masih tetap bisa digunakan. Bad sector perlu ditandai sebagai unusable, agar sistem operasi komputer tidak akan mencoba untuk menyimpan data padanya, namun akan mengurangi kapasitas penyimpanan keseluruhan hard drive.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Pada Fasilitas Windows

cara memperbaiki hardisk yang  bad sector

cara memperbaiki hardisk yang bad sector

Langkah pertama Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector jika anda menggunakan sistem operasi windows

  1. Double klik icon my computer untuk melihat semua partisi atau drive yang ada
  2. Klik kanan drive yang dianggap bermasalah klik propertis
  3. Klik tab tools dan pilih error checking
  4. Beri tanda centang pada : automatically fix system error dan scan attempt recovery of bad secto
  5. Klik start  (biarkan windows menjalankan tugasnya sampai akhir, dan kadang diperluan restar untuk memperbaiki bad sector utamanya pada lokal harddisk C

Cara memperbaiki hardisk kedua jika langkah-langkah diatas tidak menunjukkan hasil, yang harus dilakukan pada langkah kedua ini adalah menyelamatkan atau backup data penting yang ada, baik di simpan di hardisk lain, di copy pada kepingan CD, DVD atau Media penyimpanan lainnya seperti FD dan HD .

Setelah semua data terback up maka  Coba format drive atau hardisk yang terdapat bad sector dengan format biasa, misalnya melalui klik kanan di Windows Explorer dan pilih format. Terkadang hal ini bisa menghilangkan bad sector.

Jika cara memperbaiki hardisk diatas masih mengalami kegagalan atau tidak berhasil maka bisa dicoba beberapa cara dengan beberapa software gratis, misalnya easus partition, partition Wizard dll, anda tinggal googling dan download selanjutnya ikuti instruksinya.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Software LLF
cara memperbaiki hardisk yang rusak bad sector

cara memperbaiki hardisk yang rusak bad sector

Atau anda boleh menggunakan software HDD Low Level Format dari HDDGuru.com , pada url “http://hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool/HDDLLFsetup.4.12.exe “ sebuah website yang menyediakan solusi dalam permasalahan berhubungan dengan Harddisk Drive.

Setelah mendownload aplikasi HDD Low Level Format Tool,  mungkin membutuhkan waktu yang lama dalam proses format,  tergantung banyaknya bad sector dan kapasitas harddisk akan tetapi cara memperbaiki hardisk dengan software ini hasilnya cukup menakjubkan.

Proses format memang menghabiskan waku yang lumayan lama, namun setelah proses tersebut Harddisk akan fresh  seperti sedia kala, dan suara bising di harddisk akan hilang dan kembali berjalan normal.

Selain untuk hardisk (SATA, IDE atau SCSI), HDD Low Level Format Tool bisa juga untuk memformat Flashdisk, Flash card dan sejenisnya.

Cara memperbaiki hardisk dari bad Sector dengan software selain diatas adalah Menggunakan Bad Block Recovery Softwares dari vendor hardisk Fujitsu IDE Low level Format Utility

perangkat lunak  untuk mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan hardisk bad sektor dari Fujitsu, anda  dapat mendownload pada link  Erase Fujitsu (http://www.fujitsu-europe.com/support/disk/software/erase.zip)

Cara Memperbaiki Hardisk Yang Rusak

Mau tau cara memperbaiki hardisk yang rusak ?. Anda perlu untuk menggunakan perangkat lunak tertentu untuk menyingkirkan semua data yang rusak dari disk. Anda harus men-download aplikasi hard disk utility  dari situs vendor yang menyediakan link download, lalumenyimpannya pada disket atau disk boot dan jalankan instruksinya

Masukkan disket di drive floppy kompute atau gunakan CD boot yang tentunya sudah diisi dengan program hard disk utility, dan hidupkan komputer. satelah BIOS PC loading, program hard disk utility  akan mulai. Ikuti langkah demi langkah petunjuk di layar untuk menghapus semua data yang korup dan membuat hard drive Anda bebas dari kerusakan data dan anda dapat menggunakannya seperti sedia kala

Ada Beberapa vendor hardisk memberi solusi cara memperbaiki hardisk dengan mengeluarkan software / tool diagnostic dan instruksi cara memperbaiki hardisk, untuk melakukan analisa dan maintenance hardisk, diantaranya adalah :

Seagate’s Seatools for Windows dan Seagate’s Seatools for DOS

  1. Diagnostic Tools dari Seagate yang dapat digunakan untuk hardisk merek Seagate, Maxtor ataupun hardisk dari vendor lain, dapat di download di: www.seagate.com. (http://www.seagate.com/)
  2. Western Digital Data Lifeguard Diagnostics, Merupakan software tools untuk maintenance dan repair hardisk, khusus untuk Hardisk dari Western Digital dapat Anda tinggal download di: www.softpedia.com

Mudah-mudahan, instruksi di atas harus telah memberikan informasi tentang bagaimana untuk Cara Memperbaiki Hardisk yang rusak Dan Cara Memperbaiki hardisk Bad Sector

ADVERTISMENT