Definisi Atau Pengertian Ilmu Pengetahuan

Pengertian Ilmu Pengetahuan Secara Umum

Pengertian ilmu pengetahuan atau science secara terminologi berasal dari kata bahasa Latin “scientia” yang berarti “pengetahuan” dan dalam arti luas, ilmu adalah suatu praktek yang sistematis dari pengetahuan dasar atau preskriptif yang mampu menghasilkan prediksi. Itulah sebabnya mengapa ilmu pengetahuan disebut sebagai teknik yang sangat terampil.

Bagaimana kita memberi definisi ilmu pengetahuan ? Menurut Kamus New Collegiate Webster, definisi ilmu adalah “pengetahuan yang dicapai melalui studi atau praktek,” atau “pengetahuan yang meliputi kebenaran umum, pengoperasian hukum umum, dll.  Diperoleh dan diuji melalui metode ilmiah dan  berhubungan dengan dunia fisik . “

Ilmu mengacu pada sistem memperoleh pengetahuan. Sistem ini menggunakan observasi dan eksperimentasi untuk menggambarkan dan menjelaskan fenomena alam. Istilah ilmu juga mengacu pada badan terorganisasi dari orang-orang yang telah mendapatkan pengetahuan yang menggunakan sistem itu.  kata ilmu sering menjelaskan setiap bidang studi yang sistematis atau pengetahuan yang diperoleh darinya
Pengertian Ilmu pengetahuan seperti didefinisikan di atas kadang-kadang disebut ilmu murni, untuk membedakannya dari ilmu terapan adalah penerapan riset untuk kebutuhan manusia. Bidang ilmu pengetahuan biasanya diklasifikasikan bersama dua garis  besar

  • Alam ilmu, studi tentang dunia alam, dan
  •  Ilmu sosial, studi sistematis perilaku manusia dan masyarakat

pengertian ilmu pengetahuan meliputi kebenaran umum pengoperasian hukum umum, yang diperoleh dan diuji melalui metode ilmiah [dan] dalam hubungan dunia fisik

Pengertian ilmu pengetahuan Menurut Tokoh:

DR. Moh. Hatta mendefinisikan pengertian ilmu pengetahuan “pengetahuan atau studi yang teratur tentang pekerjaan hukum umum, sebab-akibat dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya sama, baik menurut kedudukannya (apabila dilihat dari luar), maupun menurut hubungannya (jika dilihat dari dalam)”.

Definisi ilmu pengetahuan adalah observasi, identifikasi, deskripsi, investigasi eksperimental, dan penjelasan fenomena teoritis. Hal ini secara khusus digunakan dalam penerapan kegitan untuk objek penelitian atau studi.

Namun, dalam istilah kontemporer, ilmu pengetahuan adalah sebuah sistem untuk memperoleh pengetahuan yang didasarkan pada Proses ilmiah atau metode untuk mengatur pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian

Ilmu pengetahuan adalah suatu upaya dari manusia yang berkesinambungan untuk menemukan dan meningkatkan pengetahuan melalui penelitian. Seorang saintis melakukan observasi, me-record data yang terukur terkait dengan pengamatannya, melakukan analisis informasi dalam rangka untuk membangun penjelasan teoritis dari fenomena yang berhubungan.

Penalaran Siklus Riset Ilmiah

pengertian-ilmu-pengetahuan-300x255 Definisi Atau Pengertian Ilmu Pengetahuan

Metode yang berhubungan dalam penelitian ilmiah termasuk membuat hipotesa dan aktivitas berupa eksperimen dalam pengujian hipotesa di bawah kondisi yang terkendali. Dalam proses ini, para ilmuwan mempublikasikan karya-karya mereka sehingga para ilmuwan lain dapat melakukan percobaan serupa pada kondisi yang berbeda untuk lebih memperkuat keakuratan hasil.

pengertian ilmu pengetahuan dalam Bidang ilmiah secara umum dibagi menjadi ilmu pengetahuan alam yang mempelajari fenomena alam dan ilmu sosial dengan mempelajari perilaku manusia dan masyarakat sebagai obyek studinya. Namun, pada kedua pembagian ini, pengetahuan harus diperoleh melalui observasi dan mampu diuji keabsahannya oleh peneliti lain yang bekerja di bawah kondisi serupa. Ada beberapa disiplin ilmu lain seperti ilmu kesehatan dan teknik yang dikelompokkan ke dalam ilmu interdisipliner.

Penelitian paling ilmiah menggunakan beberapa bentuk dari metode ilmiah. Suatu metode ilmiah mencoba untuk menjelaskan peristiwa alam dengan cara direproduksi dan memungkinkan menggunakan reproduksi ini untuk membentuk suatu prediksi.

Sejalan dengan pengertian ilmu pengetahuan, Para ilmuwan membuat pengamatan fenomena alam dan daripada melalui eksperimen mereka mencoba untuk merangsang peristiwa alam dalam kondisi yang terkendali. Berdasarkan pengamatan, seorang ilmuwan dapat menghasilkan model dan kemudian berusaha untuk menjelaskan atau menggambarkan fenomena dalam hal representasi matematis atau logis. Dari Ilmuwan akan terkumpul bukti-bukti empiris yang akan menghasilkan hipotesis untuk menjelaskan fenomena tersebut.

Kesimpulannya Sifat ilmu pengetahuan adalah empiris dapat diuji kebenarannya oleh orang lain. Evaluasi dibuat untuk membuktikan hipotesis apakah diterima atau ditolak sama sekali atau dimodifikasi yang direkomendasikan.

Deskripsi ini digunakan untuk memahami pengertian ilmu pengetahuan dan membentuk prediksi yang pada gilirannya akan diuji oleh ujicoba atau pengamatan yang menggunakan metode ilmiah.