Distribusi Serat Optik Data Interface – Fiber Distributed Data Interface (FDDI)

Pengertian Fiber Distributed Data Interface (FDDI)

Pengertian Fiber Distributed data interface atau disingkat FDDI adalah Penggunaan serat optik sebagai media transmisi utama yang digunakan pada jaringan  komputer Lokal atau biasa disebut jaringan LAN dan terhubung melalui kabel serat optik. Teknologi FDDI adalah line 100 mbps digunakan pada jaringan yang memerlukan kecepatan bandwidth tinggi untuk menutupi jarak yang jauh yang biasanya ditutupi oleh kabel tembaga. Ada dua jenis jaringan dalam kategori ini, yaitu kabel berbasis fiber optic dan kabel berbasis kabel tembaga yang disebut Copper Distributed Data Interface (CDDI).

Dalam arsitektur Fiber Distributed Data Interface didasarkan pada dual ring (cincin ganda)  di mana data mengalir dalam arah yang berlawanan. Ada dua tingkatan ring yaitu primer dan sekunder. Sebagian besar dari transmisi data berlangsung menggunakan ring primer dan sekunder menjadi idle (Pasif). Namun dalam kasus tertentu  jika primer tidak bekerja maka akan diambil oleh sekunder.

 

Fungsi Fiber Distributed Data Interface

Pengertian FDD

Fiber Distributed Data Interface

Dalam kabel primer Fiber Distributed Data Interface (FDDI) yang digunakan adalah kabel serat optik tapi teknologi juga mendukung pada penggunaan kabel tembaga. Serat optik memiliki keunggulan dan kehandalan yang sangat jelas dibanding kabel tembaga. Keunggulan kabel serat Optik lebih aman dan dapat diandalkan daripada Kabel Jaringan Komputer lain yang tersedia. Data transfer pada kabel serat optik berlangsung tanpa interfensi dari sinyal listrik.

Hal Ini meningkatkan keamanan sebab sinyal-sinyal listrik biasanya akan mengiterfensi dan oleh karena itu ganggan aliran data bisa terganggu. Jadi keuntungan tambahan jika tidak ada sinyal-sinyal listrik, frekuensi radio dan gelombang elektromagnetik lain tidak bercampur dengan media fiber optik. Aliran data tidak terpengaruh dan konstan melalui kabel serat optik. Jarak jauh dapat ditutupi untuk aliran data menggunakan kabel serat optik single mode. Baca artikel Pengertian Kabel Fiber Optik & Prinsip Kerja Fiber Optic.

Jenis-Jenis Fiber Distributed Data Interface

Ada dua jenis Fiber Distributed Data Interface – FDDI utama. Single mode interface dan multi mode interface. Mode di sini menunjukkan cahaya atau satu sinar cahaya yang memasuki kabel serat optik. Fiber Multimode menggunakan layar LED untuk menghasilkan sinar cahaya dan single mode menggunakan teknologi laser untuk menghasilkan sinar cahaya.

kabel fiber optik

kabel fiber optik

Perbedaan dalam kedua metode ini adalah bahwa multi mode seperti pada namanya memungkinkan banyak sinar yang lewat pada satu titik waktu dan laser single mode hanya memungkinkan satu sinar yang lewat pada satu waktu. Pada multimode, sudut di mana cahaya merefleksikan pada kabel semua berbeda sehingga pada saat mereka mencapai node, mereka tiba dalam waktu yang berbeda-beda. Pada single mode tidak ada kebingungan sehingga data tiba di node secara efisien.

Kesimpulannya Metode kabel serat optik  Single-mode memungkinkan hanya satu mode cahaya untuk penghantaran melalui serat optik. (Sebuah mode adalah sebuah cahaya yang menyusup dalam fiber pada sudut pantulan tertentu), dan metode serat optik Multimode memungkinkan beberapa mode cahaya yang dirambatkan. Kedua metode inlah merupakan pendefinisian Fiber Distributed Data Interface / distribusi data interface  kabel serat optik.

ADVERTISMENT