Fungsi Router Dan Jenis Router Adalah?

Fungsi Router Adalah?

Fungsi Router Dan Jenis Router Adalah

Fungsi Router

Fungsi Router adalah untuk mengarahkan paket data atau informasi ke lokasi tertentu dari satu jaringan ke yang lain. Router adalah sebuah komponen perangkat keras  jaringan yang memungkinkan komputer untuk terhubung satu sama lain dan perangkat keras komputer lainnya.

Ketika sebuah paket data yang dikirimkan dari jaringan, fungsi router mengarahkan ke lokasi yang dibutuhkan melalui rute terbaik untuk mentransfer data tertentu. Disini Fungsi Router adalah menentukan rute terbaik dengan bantuan tabel forwarding, header dan protokol seperti Internet Control Message Protocol (ICMP).

Singkatnya fungsi router adalah menghubungkan satu komputer dengan yang lain sehingga informasi yang bisa dibagi.

Sebuah koneksi broadband juga membutuhkan sebuah fungsi router untuk menyampaikan informasi ke komputer lain. Dalam hal ini Fungsi router adalah mengumpulkan data yang datang melalui sinyal broadband dan mengirimkan ke komputer melalui rute terbaik sehingga waktu untuk transfer data diminimalkan

Jenis Router dan Fungsi Router Pada Tiap Jenisnya

Penggolongan macam-macam router tergantung dari fungsi dan utilitasnya atau pemanfaatannya yang digolongkan kedalam jenis router : tergantung pada user, tergantung pada jaringan dan tergantung pada konektivitasnya. Dibawah ini penggolongan jenis atau macam-macam router secara utilitasnya

Jenis Router : Depending on User (Tergantung pada User)

Penggunaan Router Untuk Konsumen

Router jenis ini digunakan di rumah atau setup bisnis kecil dan mudah didapatkan toko komputer. Fungsi Router untuk penggunaan konsumen sebagai titik akses nirkabel untuk menghubungkan ke Internet dan komputer lain dalam pengaturan lokal. Sebuah titik akses nirkabel dengan switch jaringan akan memberikan kecepatan transfer lebih cepat dan bahkan distribusi bandwidth antara semua port.

Penggunaan Router Untuk Komersial

Jenis router komersial jauh lebih cepat dan kuat daripada jenis router konsumen. Jenis router komersil digunakan pada setup komersial seperti hotel yang menawarkan  akses internet Wi-Fi, rantainsupermarket, rumah sakit, dll . Router umumnya merupakan bagian dari Wide Area Network (WAN) yang menyediakan konektivitas ke komputer di lokasi yang berbeda. Karena penggunaannya secara komersial, router tersebut lebih mahal dibanding  jenis router untuk pengguna konsumen biasa.

Jenis Router Depending on Network (Tergantung pada Jaringan)

SOHO  Router

Jenis router ini digunakan untuk membangun konektivitas dalam area geografis yang kecil. Misalnya router yang membuat sambungan ke DSL atau jaringan lain.

Enterprise Router  

Enterprise router  lebih lanjut  diklasifikasikan sebagai router distribusi, router inti dan router akses. Fungsi router Distribusi adalah merakit data yang berasal dari beberapa router dan mengirimkannya ke lokasi utama. Fungsi Router inti adalah untuk menghubungkan router yang tersebar di lokasi yang berbeda sehingga untuk mendapatkan bandwidth lebih tinggi, sedangkan Jenis yang ketiga  dari enterprise router digunakan akses untuk melayani cabang dalam rutinitas pengoperasiannya.

Multipurpose Router (router serbaguna)

Jenis router serbaguna ini dikenal sebagai router untuk konektivitas internet, digunakan untuk berbagi informasi melalui Border Gateway Protocol.

Jenis Router  Depending on Connectivity  (Tergantung pada Konektivitas )

Wired Router

Router kabel lebih murah dibandingkan dengan router wireless dan melibatkan penggunaan kabel untuk konektivitas ke berbagai komputer sehingga membatasi mobilitas. Sebuah router kabel memiliki keunggulan dalam hal keamanan yang lebih dibanding router wireless namunpun saat ini  router nirkabel telah meningkatkan pengaturan keamanan untuk mengatasi masalah ini.

Wireless Router

Router nirkabel umumnya dilengkapi dengan antena untuk mempertahankan konektivitas dalam kisaran tertentu. Seperti namanya, router ini tanpa komplikasi yang terkait dengan kabel. Ini memastikan keamanan melalui wi-fi protected access dan penyaringan alamat mac nirkabel dengan mengumpulkan semua informasi yang berhubungan dengan keamanan sebelum  setup nirkabel.

Router pada jenis apapun, adalah perangkat penghubung yang sangat berguna untuk jaringan komputer. Fungsi utama dari router meliputi penyampaian informasi dengan cara cepat dan terorganisir, mengurangi beban data, mengembangkan hubungan yang stabil antara komputer host dan memastikan transfer data dalam hal kegagalan.

untuk menambah referensi pengetahuan anda mengenai fungsi router dan cara kerjanya dibawah ini saya siapkan linknya:

1. Router : Definisi, Fungsi /Kegunaan dan Jenis Router

 

2. Fungsi Router Secara Spesifik

Sebelum berinvestasi untuk sebuah router, yang terbaik adalah menganalisis apakah anda perlu router kabel atau nirkabel, jumlah port yang diperlukan dan jenis koneksi internet yang anda miliki. Pertimbangan jumlah port yang lebih untuk kebutuhan dimasa akan datang. Harap saya artikel membantu anda dalam mengidentifikasi jenis router yang paling cocok dalam memaksimalkan fungsi router

 

ADVERTISMENT