Fungsi Router

Fungsi Router dalam Pengertian Umum dan Spesifik

fungsi router sebagai penghubung komputer dalam jaringan

Fungsi router dalam pengertian umum adalah router berfungsi menghubungkan Komputer dengan Komputer dan perangkat keras lainnya.  Karena router ini berfungsi sebagai alat penghubung untuk berbagi informasi maka router ini digunakan dalam jaringan komputer bisnis, tempat-tempat komersial, rumah, dsb.

Fungsi Router secara spesifik

Secara spesifik fungsi router adalah untuk mengarahkan paket data atau informasi ke lokasi tertentu dari satu jaringan ke yang lain.  Ketika sebuah paket data yang dikirimkan dari jaringan, router berguna mengarahkan ke lokasi yang diperlukan melalui rute terbaik untuk mentransfer data tertentu.  Router menentukan rute terbaik dengan bantuan tabel forwarding, header dan protokol misalnya Internet Control Message Protocol (ICMP).

dalam menjalankan fungsinya,  Router menggunakan koneksi jenis RJ45 untuk menghubungkannya dengan komputer.  fungsi router yang  utama dari adalah untuk meneruskan sinyal dari komputer ke komputer sehingga tidak mengkonversi sinyal.  fungsi router yang lain adalah sebagai alat keamanan seperti firewall yang diimplementasikan melalui router.  router Juga tidak  harus terkoneksi ke  internet.  Tapi harus memerankan kewajibannya untuk membangun akses nirkabel ke Internet. Penggunaan router lainnya yang penting adalah menghubungkan dua atau lebih komputer untuk satu koneksi Internet.

Sebuah koneksi broadband juga membutuhkan fungsi router ini untuk menyampaikan informasi ke komputer pengguna.  Fungsi dari router disini adalah mengumpulkan data yang datang melalui sinyal broadband dan mengirimkan ke komputer melalui rute terbaik, sehingga waktu untuk transfer data dimimalkan.  Sekarang Anda tahu  bagaimana router dalam menghubungkan berbagai jaringan dalam satu loop. mari kita lihat pada jenis router yang tersedia untuk digunakan.

untuk menambah referensi pengetahuan anda mengenai fungsi router dan cara kerjanya dibawah ini saya siapkan linknya:

1. Router : Definisi, Fungsi /Kegunaan dan Jenis Router

2. Fungsi Router Dan Jenis Router Secara Utilitas

agar fungsi router berjalan dengan baik pemilihan jenis router menjadi sangat penting misalnya untuk membuat jaringan wireless, yang perlu diperhatikan adalah fitur dari wireless router tersebut, salah satu standar prima jaringan nirkabel yaitu router nirkabel berdasarkan. 802.11n adalah standar terbaru yang menyediakan kecepatan transfer data tercepat. Fitur lainnya  yang di pertimbangkan adalah router ini mendukung band transmisi ganda simultan agar mendapatkan fungsi router untuk game yang stabil dalam jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *