Jaringan Internet | Macam-Macam Sistem Jaringan Internet

Pengertian Jaringan Internet dan Sistem Jaringan Internet

jaringan internet-macam-macam-jaringan internet-sistemjaringan internet

Topologi jaringan internet (Arpanet 1970)

Pengertian Jaringan Internet secara sederhana adalah gabungan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia dan merupakan rangkaian Komputer terbesar di dunia, ukurannya akan masih terus berkembang. Namun komputer-komputer yang dimaksud tadi cuma merupakan sebagian saja dari definisi konsep jaringan Internet, karena saat kita membicarakan tentang jaringan komputer terbesar ini, maka yang dimaksudkan adalah semua yang berkaitan mengenai predikat yang melekat padanya meliputi informasi, masyarakat penggunanya dan juga perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan.

Pengertian Jaringan Internet Sebagai Suatu Sistem

Sebuah Sistem jaringan yang terkait dalam lingkup global dan memfasilitasi komunikasi layanan data seperti remote login, transfer file, surat elektronik, World Wide Web dan newsgroup  adalah Pengertian Jaringan Internet sebagai sebuah sistem .  Dengan meroketnya  permintaan untuk konektivitas, jaringan Internet telah menjadi jalan raya komunikasi bagi jutaan pengguna. Penggunaan Internet awalnya hanya terbatas pada lembaga militer dan akademis, tapi sekarang ini hampir seluaruh lapisan telah menggunakan jaringan  internet  dihampir semua bidang pekerjaan

Bagaimana Awal Jaringan Internet?

Jaringan Internet berawal pada tahun 1969 dari kebutuhan Departemen Pertahanan Amerika Serikat ketika  itu merasa negaranya tidak aman karena perang dingin dengan Uni Soviet. Mereka menginginkan satu jaringan komputer militer strategis dimana jaringan komputer utama yang digunakan untuk tujuan penelitian dapat terhubung satu sama lain meskipun sebagian dari komputer ini dapat dibom oleh musuh. Jaringan internet pertama dinamakan ARPANET ini menghubungkan empat lokasi yaitu Stanford University, UCLA, UC Santa Barbara dan University of Utah dimana keempat lokasi ini diatur secara tidak terpusat (‘decentralised’), yaitu tanpa ada penempatan utama yang mengontrol penempatan lain. Jaringan internet ini kemudian berkembang dan menghubungkan beberapa perguruan tinggi.

Tahun 1985, Internet Modern memperoleh dukungan ketika National Science foundation membentuk NSFNET, menghubungkan lima pusat superkomputer di Princeton University, Pittsburgh, University of California di San Diego, University of Illinois di Urbana-Champaign, dan Universitas Cornell., beberapa jaringan regional segera dikembangkan; Akhirnya, pemerintah menindahkan bagian-bagian ARPANET untuk NSFNET

Sistem Jaringan Internet

Siapa yang mengontrol Sistem Jaringan Internet?

Tidak satupun lembaga yang berwenang mengontrol atau menjaga  dalam operasionl jaringan Internet. Setiap jaringan komputer yang terhubung dengan Internet diatur sendiri oleh administrator jaringan lokal sesuai etika dan regulasi masing-masing negara. Peraturan-peraturan atau indikator dibuat secara konsensus dimana mereka yang memiliki gagasan mengirimkan idenya ke badan yang mengumpulkan ‘request for comment’ kemudian mendapat tanggapan dari individu atau kelompok lain sehingga dijadikan standar. Meskipun ketiadaan penguasa pusat beberapa organisasi yang dinamakan Kelompok Teknis Internet yang mencoba mengadakan struktur dasar Internet tanpa mengenakan banyak kontrol. Badan yang  terlibat adalah IETF (‘Internet Engineering Task Force’) mengkoordinasikan operasional, manajemen dan evolusi Internet. IRTF (‘Internet Research Task Force’) mengkaji masalah jangka panjang dan isu teknis yang mungkin akan dihadapi dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun. Badan utama dalam mengawasi IETF dn IRTF adalah IAB (Internet Architecture Board)  antara lain mengkaji standar Internet, mengelola penerbitan dokumen ‘Permintaan Comment (RFC)’ dan juga bertindak refresentasi masyarakat pengguna jaringan Internet di tingkat teknis internasional. Dan satu badan swadaya yang memayungi badan-badan ini adalah ‘Internet Society’.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Jaringan Internet

Komputer-komputer dalam sistem jaringan Internet ini berhubungan satu sama lain dengan menggunakan satu bahasa standar protokol yang diistlahkan TCP / IP (singkatan dari ‘Transmission Control Protocol / Internetworking Protocol’). TCP/IP merupakan  sistim jaringan internet dengan cara pesan atau informasi yang dikirim dan diterima agar semua dapat memahaminya dengan pengertian yang sama. Setiap komputer dalam sistem jaringan Internet memiliki alamat masing-masing yang unik yang diistlahkan IP Adress.

Apakah informasi yang ada dalam sistem jaringan Internet ?

Apa saja informasi diinginkan biasanya tersedia di Internet, hanya saja harus dicari terlebih dahulu. Jika kita tidak  menemukannya, kita juga bisa bertanya pada komunitas/kelompok milis yang memiliki minat yang sama. Namun banyak juga informasi yang memiliki nilai komersial yang membutuhkan pembayaran atau hanya terbuka untuk anggota saja. Buku-buku atau journal populer tidak diletakkan secara digital dalam Internet. Banyak juga warga dunia terutama para akademisi yang berpegang pada konsep informasi itu untuk semua. Mereka menempatkan makalah-makalah mereka dalam Internet untuk dibaca bersama. Untuk mereka yang merasa banyak mendapat manfaat dari informasi atau perangkat lunak gratis dari Internet biasanya akan mencoba menampilkan informasi milik mereka untuk dibagi bersama. Namun kita perlu berhati-hati dalam menerima informasi ini dan perlu juga menyaring atau memilih karena kualitasnya tidak terjamin dan terkadang sengaja mengelabui.

Bagaimana jika ingin berhubungan ke Sistem jaringan Internet?

Untung berhubungan dengan Internet Anda membutuhkan online yang dihubungkan ke node terdekat jaringan yang sudah terhubung dengan Internet. Pemakai tunggal  membutuhkan alat disebut dengan modem yang dihubungkan pada komputer ke saluran telepon dan harus berlangganan pada penyedia layanan internet atau ISP-Internet Service Provider. Bagi mereka di kantor-kantor biasanya terhubung melalui jaringan lokal  melalui router selanjut online ke jaringan internet

Macam-Macam Jaringan Internet

ada macam-macam jaringan Internet,  digunakan untuk berhubungan antara individu dengan individu atau kelompok – mail elektronik, dalam menggunakan layanan ini dibutuhkan account e-mail dari penyedia layanan elektronik mail.  e-mail ini dikirim dari satu server ke klien tujuan melalui host transisi seperti pada pengiriman surat biasa. Cara terbaik membaca mail adalah dengan menggunakan perangkat lunak pembaca mail yang akan berhubungan dengan server mail dan menarik mail-mail pengguna tersebut ke pc yang digunakan sebelum dibaca.

Untuk berhubungan antara kelompok berita atau diskusi (USENET)

pada sistem  jaringan internet  Anda pasti bisa mendapatkan setidaknya satu kelompok yang Anda dapat berbagi informasi atau minat. Terdapat ribuan kelompok berita dimana pengguna saling berhubungan. Disini Anda bisa mengeluarkan pendapat dengan hubungan apa saja. Sebagian dari kecil dari kelompok ini beritanya disaring oleh pengelolanya. Setiap kelompok biasanya memiliki Pertanyaan Umum (‘Frequently Asked Question’) yang diatur oleh anggota kelompok agar menjadi bimbingan kepada anggota baru agar tidak bertanya mengenai pertanyaan yang sudah sering muncul dan telah terjawab. Informasi atau pertanyaan ini bersama dengan cara setiap server memiliki server sumber yang mengirimkan informasi kepadanya dan juga akan mengirim informasi itu kebeberapa server lain yang berlangganan dengannya.

Berhubung dengan kelompok menggunakan e-mail melalui listserv.

Biasanya ada juga kelompok yang berhubungan dengan e-mail dimana Anda berlangganan dengan kelompok listserv ini. Semua klien menulis kepada administrator listserv dan siapa ingin mendapatkan pesan-pesan yang dikirim ke administrator bisa menulis kepada administrator listserv (mailing list service) untuk berlangganan. Kebanyakan kelompok berita USENET bisa juga di langgan secara listserv. Anda hanya menggunakan perangkat lunak e-mail untuk terhubung dengan listserv. Pastikan Anda selalu membaca e-mail Anda setiap hari karena Anda kan mendapatkan puluhan atau ratusan jika berlangganan dengan ‘mailing list’ populer dalam sehari. Jika Anda liburan dan tidak dapat membaca mail Yahoo Group berhenti sementara berlangganan dan menyambungnya saat pulang dari liburan. Jika Anda seorang yang sibuk dan waktu luang tidak menentu Yahoo Group Anda membaca saja kelompok berita dimana Anda dapat membaca kapan Anda suka.

Menggunakan komputer ditempat lain-telnet

Jika Anda memiliki Akun di komputer tempat lain (remote), Anda bisa menggunakan komputer menggunakan fasilitas telnet. Untuk menggunakan komputer ini Anda akan diminta Login menggunak User name  dan memasukkan password. Ada juga komputer yang memungkinkan pengunjung atau orang yang tidak dikenal menggunakan komputer mereka secara terbatas. Anda bisa menggunakan fasilitas telnet untuk membaca mail Anda dengan telnet ke server mail Anda dan memasukkan arah mail atau pine atau apa saja perintah yang membuka mail untuk host itu.

Mendapatkan file dari komputer Remot-Ftp

Didalam sistem jaringan Internet ada ratusan ribu file yang mengandung informasi atau perangkat lunak yang Anda bisa dapatkan secara gratis baik untuk penggunaan tanpa batas atau terbatas. Untuk menggunakan fasilitas ini Anda harus lunak ftp (‘file transfer program’). Anda harus memberitahu nama komputer host yang menyimpan file dan juga direktorinya. Anda juga harus memberikan identifikasi diri dan juga password untuk menggunakan fasilitas ini. Namun kebanyakan host menerima identifikasi ‘anonymous’ dan alamat email sebagai password. Anda disebut sebagai ‘download’ file tesebut dari host tersebut. Anda juga jika diizinkan membuat ‘upload’ file Anda untuk diletakkan di host tersebut untuk dibagi dengan pengguna lain.

Ngobrol di Jaringan Internet – IRC

Anda bisa berdiskusi online dengan secara mengetik apa yang ingin disampaikan dengan kelompok Anda secara ‘real-time’ dengan menggunakan perangkat lunak chat atau Internet Relay Chat. Anda akan dapat melihat pesan-pesan yang ditaipkan oleh mereka yang mengambil bagian dalam sesuatu kamar maya di ruang chat tersebut. Layanan ini punya satu server chat dan peserta berkomunikasi menggunakan perangkat lunak chat atau browser.

Mendapatkan informasi di jaringan internet melalui-World Wide Web

Sistem Jaringan Internet menjadi populer setelah keluarnya layanan ‘World Wide Web’ diperkenalkan. Jaringan informasi WWW ini terdiri dari situs-situs web yang menampilkan informasi untuk tuntunan pelungsur web.Di setiap situs web memiliki sekurangnya satu server web yang tugasnya menyampaikan file-file yang diminta oleh pengguna yang menggunakan perangkat lunak ‘browser’. Kebanyakan browser sekarang bisa digunakan untuk mengirim mail, mendapat file dengan fasilitas ftp dan juga membaca berita dengan petunjuk news atau NNTP. Kini kebanyakan pengguna Internet menggunakan browser keluaran Netscape yaitu Netscape Navigator dan browser keluaran Microsoft yaitu Internet Explorer untuk menemukan informasi atau apa saja layanan di jaringan Internet. Layanan Gopher yaitu informasi secara tanpa grafis, netfind dan whois untuk menemukan individu atau organisasi, serta lain-lain seperti veronica, archie dan juga WAIS sudah menjadi kurang populer.

beberapa artikel jaringan internet yang mungkin bermanfaat :

1. Kegunaan internet 

2. Manfaat Dan Dampak Positif Internet Pada Kehidupan Masyarakat

3. Sejarah Perkembangan Internet Di Indonesia & Dunia

4. Kamus Istilah Internet dan Jaringan Komputer

5. Kumpulan Artikel Jaringan Internet dan Teknologi Perangkat Internet


*** Demikian artikel singkat mengenai pengertian jaringan internet, sistem jaringan internet dan macam-macam jaringan internet, semoga informasi ini bermanfaat memahami jaringan internet