Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Klasifikasi Komputer

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Pengelompokan Klasifikasi Komputer

Jenis-jenis komputer di bedakan berdasarkan pengelompokan dari klasifikasi komputer. Dari beberapa klasifikasi komputer atau pengelompokan besar dari komputer memunculkan beberapa varian atau jenis-jenis komputer. Secara garis besar klasifikasi komputer di bedakakan atas :

  1. Klasifikasi komputer berdasarkan Prinsip Operasional (Operasional principle)
  2. Klasifikasi komputer berdasarkan Daya Pengolahan (Processing power)
  3. Klasifikasi komputer berdasarkan Penggunaan Pribadi (Personal Computer)

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Prinsip-Prinsip Operasional Komputer

jenis-jenis komputer klasifikasi komputer

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Prinsip-Prinsip Operasional Komputer

Jenis-jenis komputer Berdasarkan prinsip-prinsip operasional komputer dibedakan sbb komputer analog, digital dan hibrida.

  1. Analog komputer: jenis komputer ini tergolong teknologi awal-awal perkembangan komputer dan sudah hampir punah saat ini. Berbeda dari komputer digital, komputer analog dapat melakukan beberapa operasi matematika secara bersamaan. Menggunakan variabel kontinyu untuk operasi matematis dan menggunakan energi mekanik atau listrik.
  2. Digital komputer: Jenis komputer ini menggunakan sirkuit digital dan dirancang untuk beroperasi pada dua state, yaitu bit 0 Data di komputer di digambarkan sebagai serangkaian 1s dan 0s. Komputer digital cocok untuk komputasi yang kompleks dan memiliki kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi. Komputer digital di program untuk tujuan umum dan tujuan khusus orang-orang. Tujuan umum komputer, seperti namanya, dirancang untuk jenis pengolahan data  tertentu i  sedangkan komputer tujuan umum dimaksudkan untuk penggunaan secara umum.
  3. Hibrida komputer: jenis komputer ini adalah kombinasi digital dan komputer analog. Dalam jenis komputer, segmen digital melakukan pengendalian proses dengan konversi sinyal analog ke digital

Jenis-Jenis Komputer  Berdasarkan Daya Pengolahan (Processing power)

Jenis-Jenis Komputer klasifikasi komputer

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Daya Pengolahan (Processing power)

Jenis-jenis komputer yang didasarkan pada fungsi daya pengolahan adalah sebuah klasifikasi dari berbagai jenis-jenis komputer yang berdasarkan pada ukuran dan kekuatan pemrosesan.

  1. Mainframe Komputer: adalah jenis komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi organisasi besar menggunakan mainframe untuk aplikasi yang sangat kritis seperti pengolahan data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Sebagian besar komputer Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan, memiliki kapasitas untuk melayani beberapa sistem operasi dan beroperasi sebagai mesin virtual dan dapat menggantikan beberapa server kecil.
  2. Mikrokomputer: Sebuah komputer dengan mikroprosesor dengan menggunakan CPU yang dikenal sebagai komputer mikro. Jenis komputer ini tidak menempati ruang sebesar komputer mainframe. Ketika dilengkapi dengan keyboard dan mouse, mikrokomputer bisa disebut sebagai komputer pribadi. komputer mikro dikemas dengan sebuah monitor, keyboard dan lain yang sejenis perangkat input-output, memori komputer dalam bentuk RAM dan unit catu daya.  Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan denganLaptop,
Jenis-Jenis Komputer Pribadi
jenis-jenis komputer klasifikasi komputer

jenis-jenis komputer pribadi

Jenis-jenis Komputer pribadi diciptakan dalam bentuk yang berbeda seperti desktop, laptop dan personal digital assistant. Mari kita lihat jenis-jenis komputer pribadi:

ADVERTISMENT