Kabel LAN (Kabel Ethernet)

Pengertian Kabel LAN (Kabel Ethernet)

Kabel LAN adalah istilah yang lebih dikenal daripada istilah kabel Ethernet. Padahal kabel LAN yang dimaksud adalah kabel Ethernet dalam istilah asing “Ethernet Cable”. Saya sendiri sering mencari tahu kenapa kabel Ethernet itu bisa diistilahkan dengan kabel LAN? atau mungkin kabel jaringan ini dipakai pada lingkup jaringan lokal area network atau LAN. Istilah kabel ethernet pada dasarnya adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat Ethernet (LAN Card)  ke komputer lainnya melalui Ethernet yang terpasang pada komputer tersebut dengan memakai konektor RJ4.

Untuk memudahkan pemahaman, saya akan mengistilahkan kabel Ethernet pada artikel ini dengan kabel LAN agar lebih akrab bagi pembaca.

Seorang administrator jaringan harus selalu berhati-hati pada desain ethernet dan Kabel LAN. kabel LAN harus kompatibel dengan teknologi yang akan datang. Meskipun teknologi baru yang dikembangkan selalu mempertimbangkan sistem yang lebih tua, tetapi kadang-kadang teknologi baru ini dikembangkan secara independen (dan tidak ada hubungannya dengan versi yang lebih tua).  Dalam skenario ini, seorang administrator jaringan kabel LAN, harus mampu beradaptasi dengan teknologi baru sejauh mungkin.

Jenis Kabel LAN (Kabel Ethernet)

Secara garis besar ada tiga jenis Kabel Ethernet.  Pertama adalah jenis kabel Ethernet A normal, Kabel Ethernet Category (CAT 3, CAT 5, CAT 5, 5e CAT, CAT 6, CAT 7), dan jenis crossover.  Sebuah kabel Ethernet yang A normal digunakan untuk menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan komputer lain seperti switch atau router.  Kabel Ethernet kategori atau seri CAT didefinisikan berdasarkan kecepatan relay yang mereka dapat.  Dan Kabel Crossover. dalam kabel ini dirancang untuk alat-alat yang tidak berhubungan dengan penggunaan switch atau HUB.

Bagan Susunan Urutan Kabel LAN (Kabel Ethernet)

Sebelum kita mengetahui prosedur pengkabelan kabel Ethernet, yang terpenting adalah mengetahui tentang susunan urutan kabel LAN: standar kabel Ethernet, kode warna kabel.  Ada dua standar seperti – T568A dan T568B.  Standar-standar ini biasanya disebut sebagai ‘ standar Pengkodean A ‘ dan ‘ standar Pengkodean B’.  diagram pengkabelan kabel Ethernet di atas menggambarkan ‘Sebuah standar kode warna’.  Ini adalah pengaturan internal dari kawat kabel Ethernet.  Susunan kawat berlaku untuk kedua ujung kawat dalam kasus ‘Sebuah standar pengkodean”, Tapi, dalam kasus ‘ standar pengkodean B ‘, pin 2 (sisi kiri) terhubung ke pin 6 (sisi kanan).  Demikian pula pin 1, pin 3 dan pin 6 (sisi kiri) yang terhubung ke pin 3, pin 1 dan pin 2.  Kedua ujung kawat terhubung ke konektor RJ45.  Berbagai alat yang digunakan untuk menghubungkan konektor RJ45 untuk kawat, alat ini dikenal sebagai crimping tool.  Tabel berikut ini menunjukkan susunan kabel LAN standar pengkabelan pada kabel LAN, T568A dan T568B.

PIN T568A kabel standar T568B kabel standar
1 Putih d/ hijau Stripe Putih  d/ Orange Stripe
2 Hijau d/ putih Stripe Orange  d/ putih Stripe
3 Putih d/ Orange Stripe Putih  d/ /hijau Stripe
4 Biru  d/ putih Stripe Biru  d/ /putih Stripe
5 Putih d/ Biru Stripe Putih d/ BBiru Stripe
6 orange d/ putih Stripe Hijau d/ putih Stripe
7 Putih d/ Cokelat Stripe Putih  d/ Cokelat Stripe
8 Cokelat d/ putih Stripe Cokelat d/ putih Stripe
Susunan Kabel LAN (Kabel Ethernet)

Ada dua dasar  susunan Kabel LAN (Kabel Ethernet). susunan kabel straight atau lurus melalui kabel ethernet, digunakan untuk sambungan ke hub atau switch, dan susunan kabel crossover atau menyalib digunakan untuk beroperasi dalam mode peer-to-peer tanpa hub/switch. Secara umum semua kabel tetap (cable fixed) harus berjalan pada model lurus. Beberapa interface Ethernet memiliki fitur menggunakan model cross atau tidak secara otomatis menyesuaikan kebutuhan kebutuhan.

Diagram kabel Standar, Straight-Lurus (Kedua ujung sama):

kabel-lan-1000 Kabel LAN (Kabel Ethernet)

Model Pin Lurus-melalui Kabel LAN T568A

kabel-lan-1001 Kabel LAN (Kabel Ethernet)

Model Pin Lurus-melalui Kabel LAN T568B

Diagram Kabel Cross pada kabel LAN (T568B)

kabel-lan-1002 Kabel LAN (Kabel Ethernet)

kabel lan (kabel ethernet)

Cara Pasang kabel LAN pada RJ45:
  1. Kupas  dari selubung kabel,  sekitar 2 inci
  2. Uraikan kabel dan luruskan dengan benar agar memudahkan kabel dimasukkan pada selubung RJ45
  3. Selaraskan warna kabel sesuai dengan diagram diatas
  4. Potong semua kabel sama panjang, sekitar 1/2 “to 3/4″ secara bersamaan agar tiap batangan kabel sama panjang dan lurus.
  5. Masukkan kabel ke RJ45 pastikan setiap kawat sepenuhnya sampai keujung depan RJ45 dan dalam keadaan urutan yang benar..
  6. Press / Crimp RJ45 plug dengan alat crimper.
  7. Pastikan kabel ujung kabel mentok kedepan dengan urutan yang benar agar plug RJ45 memiliki kontak dengan kabel
  8. Ulangi langkah-langkah di atas untuk ujung yang kedua dengan plug RJ45.

Catatan Memotong panjang kabel LAN harus mempertimbangkan kebutuhan yang akan datang. Jika kabel Kabel LAN tester tersedia, lakukan pengujian untuk memverifikasi ketepatan dan susunan urutan kabel LAN.