Keamanan Komputer Pada Sistem Jaringan Komputer

Pengertian Keamanan Komputer?

sistem keamanan komputer

sistem keamanan komputer

Pengertian Keamanan komputer adalah proses untuk mencegah dan mendeteksi penggunaan yang tidak sah dari komputer Anda. Langkah-langkah pencegahan membantu menghentikan pengguna yang tidak sah (atau dikenal sebagai “penyusup”) untuk mengakses setiap bagian dari sistem komputer yang umumnya dilakukan pada jaringan komputer. Deteksi membantu  menentukan apakah seseorang telah mencoba atau tidak masuk ke sistem anda, jika mereka berhasil, dan apa yang mereka mungkin telah dilakukan.

Mengapa Sistem Keamanan Komputer Harus Diperhatikan?

Teknologi komputer telah dimanfaatkan disegala bidang mulai dari penggunaan pribadi hingga penggunaan pada dunia perbankan dan investasi. Bahkan komputer saat ini sudah dijadikan sebagai alat komunikasi yang penting melalui teknologi  jaringan komputer. Meskipun sistem  jaringan komputer memberikan konstribusi besar terhadap kemajuan teknologi informasi, namun keamanan komputer  tidak boleh diabaikan begitu saja. Justru penyusup memanfaatkan celah keamanan jaringan komputer untuk melakukan tidak kejahatan di dunia maya (cyber crime) dengan berbagai bentuk trik dan cara untuk melakukan pencurian data yang sangat pribadi dan rahasia atau memanfaatkan akun dan sistem pengguna lain untuk meraup keuntungan dan kepentingan pribadi.

Siapa yang Memanfaatkan Celah Keamanan Komputer Anda?

Penyusup (juga disebut sebagai hacker, attacker, cracker) mungkin tidak peduli tentang identitas anda. Seringkali mereka ingin menguasai komputer anda sehingga mereka dapat menggunakannya untuk memulai serangan terhadap sistem komputer lainnya.

Memiliki kontrol dari komputer anda akan memberikan kemampuan untuknya menyembunyikan lokasi mereka yang sebenarnya. Saat mereka memulai serangan, seringkali lembaga keuangan, pemerintah dan perorangan yang memiliki profit tinggi, bahkan Anda jika memiliki komputer yang terhubung ke Internet hanya untuk memainkan game terbaru atau sekedar mengirim email ke teman dan keluarga, komputer Anda mungkin menjadi sasaran.

Penyusup bisa saja melihat semua tindakan Anda pada komputer, atau menyebabkan kerusakan pada komputer dengan memformat ulang hardisk atau mengubah data Anda. Baca Cyber Crime Adalah Jenis Tindak Kejahatan Di Internet

Seberapa mudah Penyusup Menembus Keamanan Komputer ?

Penyusup selalu menemukan celah keamanan baru (lubang) untuk mengeksploitasi pada perangkat lunak komputer. Kompleksitas perangkat lunak membuat semakin sulit untuk menguji sistem keamanan komputer. Ketika lubang ditemukan, vendor komputer biasanya akan mengembangkan patch untuk mengatasi masalah tersebut, Namun demikian, tergantung pengguna untuk mendapatkan dan menginstal patch, atau mengkonfigurasi perangkat lunak dengan benar untuk beroperasi secara lebih aman. Sebagian besar laporan kejadian pembobolan sistem keamanan komputer yang diterima di CERT® Coordination Center ( CERT / CC)  dapat dicegah jika sistem administrator dan pengguna komputer mereka tetap up-to-date dengan patch dan perbaikan sistem keamanan komputer.
beberapa aplikasi perangkat lunak memiliki setting default yang memungkinkan pengguna lain untuk mengakses komputer Anda kecuali mengubah beberapa pengaturan untuk lebih aman. Contohnya termasuk program chat yang memungkinkan orang luar mengeksekusi perintah pada komputer Anda atau web browser yang memungkinkan seseorang untuk menempatkan program berbahaya pada komputer yang berjalan ketika Anda mengkliknya dan menyerang sistem keamanan komputer anda.

ADVERTISMENT