Keamanan Komputer Pada Sistem Jaringan Komputer

Pengertian Keamanan Komputer?

sistem keamanan komputer

sistem keamanan komputer

Pengertian Keamanan komputer adalah proses untuk mencegah dan mendeteksi penggunaan yang tidak sah dari komputer Anda. Langkah-langkah pencegahan membantu menghentikan pengguna yang tidak sah (atau dikenal sebagai “penyusup”) untuk mengakses setiap bagian dari sistem komputer yang umumnya dilakukan pada jaringan komputer. Deteksi membantu  menentukan apakah seseorang telah mencoba atau tidak masuk ke sistem anda, jika mereka berhasil, dan apa yang mereka mungkin telah dilakukan.

Mengapa Sistem Keamanan Komputer Harus Diperhatikan?

Teknologi komputer telah dimanfaatkan disegala bidang mulai dari penggunaan pribadi hingga penggunaan pada dunia perbankan dan investasi. Bahkan komputer saat ini sudah dijadikan sebagai alat komunikasi yang penting melalui teknologi  jaringan komputer. Meskipun sistem  jaringan komputer memberikan konstribusi besar terhadap kemajuan teknologi informasi, namun keamanan komputer  tidak boleh diabaikan begitu saja. Justru penyusup memanfaatkan celah keamanan jaringan komputer untuk melakukan tidak kejahatan di dunia maya (cyber crime) dengan berbagai bentuk trik dan cara untuk melakukan pencurian data yang sangat pribadi dan rahasia atau memanfaatkan akun dan sistem pengguna lain untuk meraup keuntungan dan kepentingan pribadi.

Siapa yang Memanfaatkan Celah Keamanan Komputer Anda?

Penyusup (juga disebut sebagai hacker, attacker, cracker) mungkin tidak peduli tentang identitas anda. Seringkali mereka ingin menguasai komputer anda sehingga mereka dapat menggunakannya untuk memulai serangan terhadap sistem komputer lainnya.

ADVERTISMENT