Manfaat Internet : Kajian Manfaat di Bidang Pendidikan, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Kesehatan

Pengertian Internet dan Bidang Kajian Manfaat Internet

manfaat internet dibidang pendidikan ekonomi ssial budaya kesehatan

Pengetian Internet berasal dari kata International Networking, merupakan dua komputer atau lebih yang saling berhubungan atau berinteraksi dan bertukar informasi membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia internasional. Ketika internet di ciptakan sudah tentu jadi pertimbangan utama adalah manfaat internet itu sendiri.

apakah manfaat Internet?

Ketika orang bertanya apa manfat internet itu? Jawaban beragam manfaat yang akan kita dengarkan. Hal keragaman  jawaban manfaat internet ini menunjukkan bahwa banyak manfaat jaringan internet,  karena telah memasuki segala subyek ilmu pengetahuan dan manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari dan telah menjadi hal pokok, dan sepertinya anggapan orang bahwa “tiada hari tanpa internet” ada benarnya juga

Kajian manfaat Internet di bidang : Pendidikan Ekonomi, Sosial Budaya, dan Kesehatan

Baiklah diartikel ini saya mencoba menjelaskan manfaat jaringan internet dari sisi manfaat Ekonomi, Sosial Budaya, dan Kesehatan untuk membatasi dari banyaknya manfaat internet saya kelompokkan seperti dibawah ini.

  1. Manfaat internet bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
  2. manfaat internet bagi dunia bidang pendidikan
  3. manfaat internet dalam bidang ekonomi
  4. manfaat internet di bidang sosial dan kebudayaan
  5. manfaat internet di bidang kesehatan

ad 1 Manfaat internet bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

internet dimasyarakat bukan lagi hal yang baru dan bukan milik segelintir orang saja, tetapi internet dan manfaat internet telah dirasakan dari berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Dengan internet dirasakan dengan mudahnya mengakses segala informasi terlepas dari sisi negatif  jenis informasinya. Fungsi internet dari segi rekreatif, internet bisa dijadikan salah satu hiburan murah, akses mendapatkan informasi musik film dan multimedia lainnya, sangat membantu sekedar menghilangkan kepenatan dari stress kerja atau sekedar mencari hiburan saja.

Penggunaan internet bagi ibu rumah tangga juga tidak ketingggalan, mencari informasi mengenai kesehata, cara mengasuh anak hingga resep masakan bisa didapatkan dalam hitungan detik. Manfaat internet bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya tidak perlu dipertanyakan lagi singkatnya, masyarakat memanfaatkan  internet di manapun berada. Sedangkan dari segi komunikasi internet juga jadi saluran yang sangat efektif dan efesien bagi masyarakat untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh.

ad 2. manfaat internet bagi dunia pendidikan

Manfaat Internet bagi dunia pendidikan adalah hal yang tidak asing lagi di negeri ini, hampir semua sekolah-sekolah sudah mendapatkan fasilitas untuk mengakses intenet. Pengajaran bebasis multimedia dan internet atau yang kita sering dengar basis ITC dan penggunaan eLearning adalah salah satu manfaat internet dibidang pendidikan. Hal lain manfaat internet bagi dunia pendidikan ini adalah membantu transformasi ilmu pengetahuan kepada anak didik karena kemudahan akses informasi dalam bidang pendidikan. internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan informasi atau data yang berbentuk teks, grafik, audio dan animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Seorang guru dengan cepat bisa mencari informasi mengenai metode mengajar yang baik, mencari materi pembelajaran, informasi media pembelajaran dsb. Hal ini adalah sebagian dari manfaat internert bagi dunia pendidikan.

Hal lain manfaat internet dalam pendidikan diperguruan tinggi adalah pembelajaran jarak jauh, dosen dan mahasisawa terlibat dalam proses belajar dan mengajar melalui manfaat jaringan internet. Dengan manfaat internet bagi dunia pendidikan ini pula, mahasiswa bisa mengakses materi kuliah dari dosen pengampuh dan bisa mengecek nilai hasil ujiannya melalui manfaat jaringan internet ini.

Ad. 3 manfaat internet dalam bidang ekonomi

Manfaat Internet dalam bidang ekonomi sudah menjadi kebutuhan yang mendasar, fasilitas internet telah merubah paradigma pasar. mulai dari promisi barang hingga pemasaran dan pemesanan bisa melalui manfaat jaringan internet. pasar global dapat diakses secara langsung. Perbankan, transaksi saham, penerbitan, dan iklan juga dilakukan melalui Internet. Transaksi jual beli dapat dilakukan serentak dengan berbekalkan nomor kartu kredit yang sah.

Manfaat jaringan internet ini sebagai akses data dan informasi dalam kegiatan ekonomi diperusahaan-perusahaan, mulai dari pengontrolan dan manajemen satu atap perusahaan bisa dilaksanakan. Investasi internasional dapat berkembang pesat.

Dengan manfaat jaringan internet promosi wisata ke mancanegara meningkatkan wisman datang berkunjung ke Indonesia sehingga meningkatkan penghasilan negara dan sudah barang tentu penghasilan negara ini ditujukan untuk perbaikan ekonomi dan kesejahteraan nasional.

manfaat jaringan internet dibidang ekonomi lainnya adalah peningkatan income pendapatan penduduk melalui jalur jaringan internet, karena bisa dijadiakan media bisnis online yang sangat efektif dan efisien karena kecepatan akses dah hemat biaya.

Ad. 4 manfaat internet di bidang sosial dan kebudayaan

Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain. interaksi sosial bisa terjalin dengan pemanfaatan internet, misalnya dengan media jejaring sosial seperti facebook twitter dan massenger lainnya memungkinkan masyarakat berinteraksi dengan mudah. Promosi sosialpun tidak asing lagi bagi manfaat internet dibidang sosial. Penggalangan dana untuk tujuan sosial sudah sering dilakukan melalui internet, lihat saja situs sosial dompet duafa  atau situs-situs sosial lainnya dalam penggalangan dana bencana alam.

Sedangkan manfaat internet dibidang budaya juga tidak kalah menariknya untuk dibahas terlepas dari dampak negatif dari internet itu sendiri sangat mempengaruhi budaya dan tatanan sosial di masyarakat, namun dengan kehadiran internet, bisa dijadikan sarana rekreasi dan hiburan, dan manfaat internet dibidang budaya pula sangat dibutuhkan sebagai media promosi budaya.

Ad. 5 manfaat Internet di bidang Kesehatan

Kehadiran internet mempengaruhi pola kehidupan masyarakat tak terkecuali dengan kesehatan. Dari segi manfaat Internet di bidang Kesehatan selain mudahnya mengakses informasi kesehatah secara otomatis mempengaruhi pola berfikir masyarakat dibidang kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan. Selain itupla informasi mengenai penyakit hingga terapi sudah sangat marak di situs internet yang bisa dijadikan referensi pengetahuan kesehatan masyarakat.

Demikian rincian penjelasan Kegunaan internet dari segala sisi. Semoga memberikan pemahaman mengenai sisi positif internet dan bukan hanya dari segi negatif dari dampak internet yang kita ketahui. Dan semoga manfaat internet inipula menjadi bagian kehidupan anda

1 comment for “Manfaat Internet : Kajian Manfaat di Bidang Pendidikan, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Kesehatan

  1. admin
    20/11/2011 at 18:18

    hi.. god luck

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *