Membuat Jaringan Komputer LAN

Membangun / Membuat Jaringan Komputer LAN di Rumah atau di Kantor Kecil

segi membuat jaringan komputer lan

membuat jaringan komputer lan

Ketika harga komputer turun terkadang kita menambahkan PC atau laptop di rumah. keinginan untuk Membuat Jaringan Komputer LAN di rumah ataupun di kantor untuk berbagi file atau sharing perangkat keras atau sekedar untuk sharing internet terkendala karena keterbatasan kita mengenai jaringan. disini saya sedikit berbagi informasi mengenai cara Membuat Jaringan Komputer LAN di rumah, kantor kecil.

sebenarnya tidak lah begitu sukar, karena konsepnya sama seperti membangun jaringan LAN – Lokal Area network.

Perangkat yang diperlukan untuk membuat jaringan komputer LAN :

  • Modem DSL / ADSL2 +: untuk koneksi Internet ke ISP
  • Router  minimum 4 port digunakan untuk mengelola jaringan online dan jaringan internal dengan trafik paket-paket data antara node dalam jaringan.
  • Switch (jika direncanakan untuk ektsensi jaringan): fungsi switch adalah hampir sama router, tidak mengelola paket data tapi hanya mengarahkan paket (switch) ke port tujuan tanpa harus broadcast ke semua node sama halnya dengan hub.
  • Acces point (untuk fitur wireless, WIFI): jika diperlukan. Anda juga bisa  menggunakan  modem DSL yang memiliki fitur wireless  Wireless memudahkan pembuatab home networking tetapi  perlu di  setup pengaturan keamanannya
  • Firewall (built-in modem/ outer): firewall paket filtering, diperlukan untuk mencegah hubungan eksternal yang tidak diperlukan.
  • NAT (built-in  network address translation).
  • DHCP (built-in, modem/router): layanan ini akan mengumpukkan alamat IP ke setiap node dalam jaringan Komputer LAN Anda secara otomatis.
  • NIC (kartu jaringan): jika diperlukan, umumnya mainboard sekarang sudah mengintegrasikan NIC secaraa onboard dan port RJ45 tersedia di terminal I/O motherboard belakang casing PC.
  • Wireless NIC (kartu wireless network): jika diperlukan, posisi tetap di mana kartu terpasang dalam PC.
  • Wireless USB adapter: fungsi sama seperti wireless NIC
  • Homeplug (jika diperlukan):

Perencanaan Membangun / Membuat Jaringan Komputer LAN (Desain layout Jaringan LAN)

Untuk membuat jaringan komputer Lan baik jaringan rumah atau kantor kecil,  masih perlu merencanakan layout fisik jaringannya, setidaknya seperti pada gambar gambar dibawah. Misalnya ruang dalam bangunan yang akan ditempatkan komputer atau node jaringan, kamar ke kamar atau lantai ke lantai, tebal dinding, jarak dan luas.

Contoh: Perencanaan  Jaringan LAN yang mudah

membuat jaringan komputer lan

membuat jaringan komputer lan

Contoh: Perencanaan  jaringan kabel dan nirkabel untuk jaringan rumah.

membuat jaringan komputer lan

membuat jaringan komputer lan

Koneksi kabel

Koneksi node kabel sangat mudah, hanya menghubungkan kabel network ke node  PC atau perangkat mana. Servis DHCP dalam modem akan mengalokasikan IP private yang tersedia oleh layanan NAT ke node itu. Modem harus dikonfigurasi  dengan   akun roadband  terlebih dahulu. Bila modem terkoneksi ke ISP dan jaringan Anda terhubung ke Internet online. Sharing online ini dikelola oleh layanan NAT yang menerjemahkan alamat IP publik dari ISP ke ISP private internal, dan juga servis router yang mengelola trafik jaringan internal dan juga ke Internet.

Bandwidth setiap port adalah dedicated atau dikhususkan kepada node yang terhubung tanpa sharing bandwidth. Misalnya router memiliki 4 port RJ45 (LAN), bandwidth untuk port 1 adalah 100Mbps (atau 10 / 1000Mbps menurut switch / router dan juga NIC) uplink dan 100Mbps downlink, oleh itu jumlah bandwith untuk port 1 adalah 200Mbps. Setiap port memiliki bandwith masing-masing, oleh karena port 2,3 dan 4 juga memiliki jumlah bandwidth masing-masing 200Mbps. Oleh karena bandwidth adalah khusus dan tidak dibagi maka ia sesuai untuk jaringan internal yang membutuhkan kecepatan tinggi dan stabilitas online yang tetap. Batas jarak kabel jaringan (CAT5e) maksimum adalah 100 meter. Bandwidth dedicated ini hanya benar jika terhubung ke switch atau router, jika terhubung ke hub (discontinued, tidak lagi digunakan) bandwidth dipakai bersama.

Wireless

Membuat jaringan komputer LAN wireless perlu setup SSID untuk access point (modem) bersama dengan key WEP atau WPA. Jika tidak menemui kesulitan, Anda harus menentukan SSID sebagai hidden (tersembunyi) agar AP anda sulit untuk dihack. Jika Anda tidak menetapkan pengaturan keamanan dengan benar, online Internet Anda akan digunakan oleh tetangga Anda atau mereka yang terdekat secara gratis. Namun akibatnya Internet Anda akan menjadi lambat ketika trafik terlalu tinggi.
Bandwidth untuk wireless terbagi, tetapi tergantung juga pada standar bandwidth AP seperti wireless G, wireless G + +, wireless draft N dan juga bandwidth node wireless itu sendiri. Jika bandwith AP adalah 125Mbps dan ia bisa menampung dua node wireless pada 54Mbps, jika lebih dari dua node wireless maka bandwidth AP harus dibagi menurut jumlah node. Tetapi ini juga tergantung pada trafik  setiap node.

Homeplug

Contoh: plan jaringan kabel, wireless dan homeplug untuk jaringan rumah.

membuat jaringan komputer lan

membuat jaringan komputer lan

Rencana  jaringan ini hampir sama Membuat Jaringan Komputer LAN umumnya, hanya saja kabel jaringannya digunakan untuk jarak pendek. Pengkabelan  jaringan kamar ke kamar diganti dengan homeplug yang diplugkan ke soket listrik di dinding. Kabel jaringan pendek digunakan untuk menghubungkan homeplug dengan PC atau  pada perangkat jaringan.

Pengkabelan menggunakan kabel listrik adalah lebih ringkas karena kabel listrik telah ada dalam bangunan. Penggunaan homeplug juga membantu untuk koneksi jarak jauh atau di mana dinding bangunan yang tebal dan gelombang WIFI sulit untuk menembusnya. Namun harga untuk satu homeplug pada masa ini agak mahal terutama jika setiap node membutuhkan satu homeplug. Homeplug harus diinstal minimal dua unit seperti diagram berikut.

membuat jaringan komputer lan

membuat jaringan komputer lan

Bandwidth untuk homeplug adalah sama seperti AP. hal ini juga tergantung pada bandwidth homeplug yang terhubung ke router dan bandwidth port router yang terhubung ke homeplug.

Konfigurasi Jaringan LAN

Konfigurasi jaringan menentukan jaringan yang dibangun berfungsi atau tidak. hal ini memsingkan jika tidak diatur dengan baik,

jaringan yang tidak berbasis server atau peer to peer memungkinkan pemakaian bersama. Untuk setiap komputer jaringan, diperlukan IP address pada masing-masing komputer, IP subnet  mask, ip gateway dan juga IP DNS (domain name servers). Alamat untuk komputer Anda dan pengaturan lain akan diolah secara otomatis oleh ISP ketika terhubung dengan internet

membuat jaringan komputer lan

membuat jaringan komputer lan

Untuk home networking yang kita bicarakan di atas, oleh karena modem / router yang memanggil internet maka alamat IP yang diberikan oleh ISP akan disemakkan ke router itu. Router akan bertindak sebagai gateway untuk LAN bisa mencapai Internet.

Router memiliki dua alamat IP satu IP private dan satu lagi IP public yang diberikan oleh ISP saat sambungan Internet dibangun. Alamat IP private router adalah “default gateway” pada LAN. Setiap node dalam LAN yang mau mencapai Internet akan melalui router (gateway) yang memproses trafik-trafik jaringan internal ke Internet. Secara singkat  router memiliki dua tugas mengelola trafik jaringan internal dan satu lagi mengelola akses lalu lintas internal ke Internet.

Setiap PC atau node harus dibedakan dalam jaringan berdasarkan alamat IP. Servis DHCP dalam modem bisa mengalokasikan alamat IP private dari NAT. NAT adalah proses pemetaan alamat IP private (192.168.xx) pada satu alamat IP public yang terdaftar oleh ISP. Pengolahan alamat IP ke alamat IP publik ini juga dilakukan oleh router.

Satu kelebihan NAT adalah ia bisa memisahkan jaringan internal dari jaringan eksternal sepenuhnya. Ini adalah satu bentuk firewall dan keamanan jaringan di mana jaringan eksternal seperti Internet tidak bisa mencapai LAN secara langsung. Private IP hanya berlaku dalam jaringan internal saja, menolak jaringan eksternal.

Servis DHCP juga melaksanakan pengaturan jaringan seperti submask, alamat IP server DNS, gateway dan wins kepada komputer yang meminta servisnya. Dalam jaringan rumah, saat kabel LAN terhubung ke router modem ADSL +, pada awalnya sistem operasi komputer akan mencoba mendapatkan IP dari layanan DHCP (jika pengaturan jaringan secara otomatis). Sistem operasian kemudian akan mengatur pengaturan jaringan pada komputer secara otomatis berdasarkan pengaturan yang diberikan oleh DHCP. Jika Anda mengatur pengaturan jaringan secara manual, semua pengaturan jaringan untuk setiap node harus diatur secara manual satu persatu. Pengaturan petunjuk ini memiliki kelebihan sendiri dibandingkan layanan DHCP di mana ia menciptakan jaringan yang lebih stabil, tidak sulit untuk IP diatur dibandingkan DHCP.

Begitu juga dengan jaringan wireless, untuk pengaturan jaringan seperti alamat IP, submask, gateway dan DNS , ini juga diatur oleh servis DHCP dalam modem / router. Tetapi untuk memungkinkan wireless adapter PC atau wireless LAN PC bisa terhubung ke access point nirkabel, Anda harus membuat beberapa pengaturan pada jaringan wireless LAN Anda.

pertama-tama tentukan pengaturan keamanan SSID dan tombol pada AP modem / router. Pastikan akses hanya diizinkan jika log in SSID / key itu yang di beri hak akses. Untuk keamanan AP, harus dipilih teknik enkripsi WEP atau WPA untuk enkripsi data jaringan. Sorokkan SSID AP Anda jika perlu, ini akan menyulitkan jaringan dari luar untuk terhubung ke jaringan Anda meskipun mereka dapat mendeteksi kehadiran Wifi atau wireless LAN Anda. Key untuk AP adalah nomor heksadesimal, abjad (0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F). Lebih baik jika  tidak menggunakan default key AP dan menggunakan key yang dibuat sendiri.

Untuk modem juga perlu  pengaturan account broadband ke modem ADSL + . Ini memungkinkan modem menghubungkan jaringan ke Internet secara otomatis saat modem aktif.

Jaringan Komputer LAN yang lebih besar

Meskipun Anda bisa menggunakan switch untuk melebarkan jaringan, router 4 port LAN  tak mampu untuk mengelola trafik lebih dari 5 atau 6 node. Diperlukan router yang lebih besar jumlah portnya dan desain jaringan yang lebih rumit dan memerlukan router khusus (bukan built-in dengan modem ADSL +). Semakin besar suatu jaringan maka semakin rumit juga jaringannya.

membuat jaringan komputer LAN

membuat jaringan komputer LAN

Misalnya, membuat jaringan komputer LAN untuk kantor seperti Layout diatas, meskipun kecil  tapi membutuhkan perencanaan instalasi jaringan yang te[at dan terencana. Anda membutuhkan piranti-piranti  jaringan yang lebih khusus seperti router, switch, AP, rak, printer server, NAS atau file server, Windows Server (domain controller dll) dan sebagainya. Untuk online ke Internet sudah tentu Anda butuhkan sambungan internet yang memiliki bandwith yang besa, dedicated IP dan sebagainya.

selamat mencoba membuat jaringan komputer LAN

One Comment

  1. Comment by rahmadani putri:

    terimakasih ilmunya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *