Modem CDMA

Pengertian Modem CDMA

Modem CDMA

Modem CDMA  adalah modem nirkabel yang bekerja pada jaringan CDMA.  modem  CDMA nirkabel berperilaku seperti  Hayes compatible dial-up modem.  Perbedaan utama antara modem Hayes standar dan modem CDMA adalah bahwa modem hayes mengirim dan menerima data melalui saluran telepon tetap sementara modem  CDMA mengirim dan menerima data melalui gelombang radio.

Teknologi Modem CDMA

CDMA singkatan dari -Division Multiple Access, a digital , sebuah teknologi selular digital yang menggunakan teknik spread-spectrum. CDMA  mengacu pada salah satu dari beberapa protokol yang digunakan pada komunikasi nirkabel disebt generasi kedua (2G) dan generasi ketiga (3G). dari istilahnya menyiratkan, CDMA merupakan bentuk multiplexing, yang memungkinkan banyak sinyal menempati saluran transmisi tunggal, dan mengoptimalkan penggunaan bandwidth yang tersedia. Teknologi yang digunakan adalah ultra-tinggi-frekuensi (UHF) sistem telepon seluler di 800-MHz dan 1,9 GHz

Beda halnya dengan  GSM, yang menggunakan TDMA, CDMA tidak menetapkan frekuensi tertentu untuk tiap user. Melainkan, setiap saluran menggunakan spektrum penuh yang tersedia. Percakapan individu dikodekan dengan urutan pseudo-acak digital. CDMA secara konsistenmenyediakan kapasitas lebih baik untuk komunikasi suara dan data daripada teknologi mobile komersial lainnya,  memungkinkan pelanggan lebih banyak untuk menghubungkan setiap saat, dan itu adalah platform umum di mana teknologi 3G  dibangun. Modem  CDMA  bisa saja berbentuk unit eksternal  seperti PCMCIA card (disebut juga PC Card).  Modem  CDMA eksternal terhubung ke PC melalui kabel serial, kabel USB, Bluetooth atau Inframerah.

Kelebihan dan kekurangan Modem CDMA

Kelebihan modem CDMA :

  •  Jalur komunikasi data dan cellular terpisah, sehingga konektivitas stabil.
  •  Harga langganan perbulan relatif murah.

Kekurangan modem CDMA:

  •  Harga modem relatif mahal, terutama yang mendukung teknologi Evdo Rev.A (3.1 mbps).
  • Jaringan CDMA masih belum luas.

Koneksi modem CDMA sekarang ini telah mencapai 230Kbps untuk koneksi dan kecepatan download 15KB/s (153Kbps). Sebagaiperbandingan, kecepatan modem CDMA telah mencapai 3X sistem koneksi dial-up dan sudah separuh dari sistem koneksi cable modem. Memang belum bisa menyaingi kecepatan GSM, tetapi cukup bagi daerah yang tidak  terjangkau dengan modem GSM atau ADSL modem. Solusi ini setidaknya dapat menyajikan sebuah koneksi internet dimana saja dan kapan saja yang cukup mengunakan handphone untuk dijadikan sebuah modem CDMA.

 

2 comments for “Modem CDMA

  1. 03/12/2011 at 02:02

    Если вам необходима Открыть замок сейфовых дверей в первопрестольной мгновенно в любом месте Новогиреево 24 часа в сутки.Обученные мастера откроют замки любых марок без повреждения сейфовых дверей.Наш сайт: http://www.vskritieremont.ru/
    установить замки

    ——————————————-
    http://www.urlmetrix.com/gorodservis.ru
    установить замки

  2. ito
    09/12/2011 at 19:47

    copy.,.,file

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *