Teknologi Dan Pengertian Modem GSM

Semakin meluasnya pengguna Jaringan komputer dan internet dan makin pesatnya perkembangan teknologi jaringan komputer, memunculkan beberapa teknoologi alternatif menggantikan perangkat keras jaringan komputer konvensional. Kehadiran Modem GSM membawa angin segar bagi pemanfaat jaringan internet karena biaya yang relatif murah dan hrga modem terjangkau. Selain dari alasan tersebut kehadiran Modem GSM memberikan kemudahan karena sifatnya mobile dan bisa dibawa kemana saja.

Pengertian Modem GSM

Modem GSM

Modem GSM

Pengertian Modem GSM adalah modem yang  menggunakan teknologi sistem telepon selular (GPRS , UMTS , HSPA , EVDO , WiMax , dll), dikenal sebagai modem wireless atau nirkabel (kadang-kadang juga disebut modem selular).  Modem nirkabel dapat tertanam di dalam laptop atau  type alat  eksternal.  Modem nirkabel eksternal  berupa : connect card (karti koneksi), modem usb untuk mobile broadband dan router selular .  Sebuah kartu koneksi  adalah PC Card atau ExpressCard di tanamkan ke slot PCMCIA / PC Card/ ExpressCard slot pada komputer. USB modem nirkabel menggunakan port USB pada laptop.  Sebuah router selular mungkin memiliki datacard eksternal (AirCard) yang dimasukkanke dalamnya.  Sebagian besar router seluler membolehkan datacards atau modem USB.

Perbedaan antara router dan modem seluler nirkabel adalah router seluler biasanya memungkinkan beberapa orang untuk menghubungkan pada waktu yang bersamaan  (karena dapat rute, atau dukungan multipoint untuk koneksi multipoint), sedangkan modem dibuat hanya untuk satu koneksi.

Teknologi Modem GSM

Sebagian besar modem GSM nirkabel terintegrasi dengan SIM bawaan  (seperti, Huawei E220 , Sierra 881, dll) dan beberapa model juga dilengkapi dengan slot memori microSD dan / atau jack untuk antena eksternal tambahan seperti Huawei E1762 dan Sierra Wireless Kompas 885. versi CDMA (EVDO) tidak menggunakan R-UIM card, tetapi menggunakan Serial Number Elektronik (ESN) sebagai gantinya.

Biaya  dengan menggunakan modem GSM bervariasi dari setiap ISP atau penyedia layanan internet GSM.  Beberapa operator mengimplementasikan tarif flat untuk transfer data tak terbatas pada modem GSM.  Beberapa operator memberlakukan pembatasan maksimumpada jumlah data yang  ditransfer per bulan.  Ada beberapa operator  mengenakan tarif tetap per data yang ditransfer per kilobyte megabytenya  atau berapa besar data download.

Transfer data yang lebih cepat dari teknologi  modem nirkabel (UMTS, HSPA, EVDO, WiMAX) ini, dianggap sebagai modem nirkabel broadband dan bersaing dengan modem broadband lainnya.

Hingga akhir April 2011, populasi pengguna modem gsm  ini  masih mengungguli modul modem  tertanam 3G dan 4G rasio  3:01 karena modem USB dapat dengan mudah digantikan, tetapi modem tertanam baru mulai mendapatkan popularitas ketika penjualan PC  tablet tumbuh menyusutkan biaya tambahan untk modem, diperkirakan hingga pada tahun 2016 rasio ini dapat berubah menjadi 1:1.