Pengertian Operating System Dan Macam-Macam Operating System

Pengertian Operating System

pengertian operating system

Author: Zulhikam El Said

Pada saat kita membeli komputer baru, umumnya operating system telah terinstal ke dalamnya, namun sebagian besar pemakai komputer baru tidak menyadari, bahwa tanpa adanya operating system komputer, maka  peralatan ini tidak dapat bekerja, dan paling mungkinan hanyalah  menampilkan sesuatu yang tidak lebih dari sederetan pesan teks yang membingungkan dan menjelaskan proses booting computer atau meminta disk boot, dan akhirnya komputer  akan meminta pengguna untuk menginstalkan system operasi.

Pengertian operating system adalah suatu program perangkat lunak yang bekerja sebagai pengontrol pada hardware dan software komputer yang terinstal agar dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Sistem operasi adalah pengatur aktivitas pada setiap komponen komputer dan selanjutnya akan menampilkan aktivitas tersebut sebagai user-friendly interface (GUI). Fungsi dari operating system bertanggung jawab untuk melakukan translasi atau penerjemah perintah yang dikeluarkan oleh alat input  ke kode biner (010110101 stuff)  sehingga dapat melakukan komunikasi dengan alat output.

Pengertian Operating system sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer dikarenakan Operating system sebagai eksekutor program user dan memudahkan menyelesaikan permasalahan user. Selain itu dengan operating system membuat sistem komputer kompetibel  digunakan. Tugas Operating system juga untuk melakukan kontrol dan koordinasi penggunaan perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user yang berbeda

Cara Kerja Operating System

pengertian operating system

pengertian operating system

Operating system adalah program atau perangkat lunak pada susunan pertama yang tersimpan pada memori komputer (harddisk) pada saat komputer dijalankan. Sedangkan perangkat lunak-perangkat lunak lainnya baru dapat dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi inilah yang akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunaklainnya. Layanan inti umum  operating system adalah yang dimaksudkan  seperti akses ke disk, manajemen memori,  penjadwalan task, dan user interface, sehingga masing-masing pada perangkat lunak itu tidak diperlukan lagi melaksanakan tugas-tugas inti umum tersebut, karena telah dilayani dan dilakukan oleh Operating system.

Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan secara umum tersebut diistilahkan dengan “kernel”. Pada awal dekade 80an, komputer tidak dilengkapi system operasi dan kebanyakan pula komputer tidak ada hard disknya dan umumnya system boot  MS-DOS beroperasi dari drive floppy disk. Sungguh sangat merepotkan jika ingin menggunakan program aplikasi  pengguna akan mengeluarkan  disket boot dan kemudian masukkan disket baru yang berisi program. Floppy tidak hanya menyimpan program aplikasi tetapi juga menyimpan perangkat lunak  driver yang diperlukan   untuk berkomunikasi dengan perangkat keras komputer. Dengan operating system yang di diinstal ke hard drive komputer, pengguna tidak lagi perlu boot komputer dengan disket, juga tidak perlu  lagi menjalankan program dari floppy disk. Semua program disimpan ke komputer dan dapat digunakan setiap saat. Operating system, seperti DOS, Unix, Novell, OS/2, Windows, dll. Adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada operating system maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali. Operating system secara umum terdiri dari beberapa bagian :

  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari pada operating system.
  2. Command Interpreter atau Shell, memiliki fungsi sebagai pembaca dari input berupa perintah dan menyiapkan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain. Contoh darpada Shell adalah : Command Prompt pada Win XP (DOS pada Win 98), XTerm dan Konsole pada Mesin Linux (Unix).
  3. Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus sebagi pengontrol kinerja hardware.
  4. Resource Allocator. Operating system bertugas sebagai pengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  5. Handler. Handler berperan penting dalam pengendalian sistem perangkat agar dapat terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

Dewasa ini, hampir seluruh penduduk dunia memiliki PC dan Mobile PC oleh karena harga perangkat  yang sudah turun dan juga sudah menjadi kebutuhan manusia akan perangkat otomatis seperti : PC, maka manusia telah menjadikan PC sebagai kebutuhan utama. Seiring dengan perkembangan teknologi PC pun dibuat ringkas agar dapat dijadikan sebagai piranti otomatisasi yang bergerak (Bisa digunakan kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja). Contoh PC bergerak adalah : Laptop, Notebook dan NetBook, ketiga piranti tersebut juga memiliki Operating system layaknya PC.

Macam-Macam Operating System

Jenis-jenis operating sitem mempunyai banyak ragam, Jenis OS ini dibuat bervariasi karena kebutuha aplikasi dan tujuan beragam. Telah kita tahu bersama OS merupakan komponen paling penting, dan semua perangkat yang melaksanakan fungsi komputasi misalnya  ponsel, PDA, konsol game, pembaca e-book, dan semua perangkat pintar lainnya.

Sama halnya perangkat teknologi lainnya, macam-macam operating system telah dikembangkan dan terus melakukan perbaikan dari banyak hal dari waktu ke waktu. Perkembangan ini juga mengakibatkan evolusi berbagai jenis operating system yang didasarkan pada berbagai faktor seperti permintaan pengguna, penambahan aplikasi, dll Berikut ini adalah empat jenis yang  paling menonjol dari sistem operasi untuk komputer. untuk melihat varian atau macam-macam operating sistem di blog jaringan komputer ini, saya telah membuatkan artikelnya, klik link berikut ini: Jenis-Jenis Operating System dan Daftar Sistem Operasi.

ADVERTISMENT