Pengertian Patologi Dan Pembagian Patologi

Pengertian Patologi

pengertian-patologi-150x150 Pengertian Patologi Dan Pembagian Patologi

pengertian patologi

Pengertian Patologi adalah sebuah studi atau Ilmu yang mempelajari tentang penyakit. Pengertian Patologi berasal dari pathos Yunani, “emosi, gairah, menderita” dan ogia (ology), “studi”. Dengan demikian, patologi adalah studi penderitaan, atau ilmu penyakit. Sifat yang patologis dapat membantu dalam mengingat makna kedua kata patologi, karena berarti penyimpangan kesehatan (mental) dari yang normal. Seorang ahli patologi adalah seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam mendiagnosis penyakit., meneliti penyebab penyakit, bagaimana penyakit menyebar dah berkembang dan bagaimana penyakit tersebut memberi pengaruhi pada tubuh. Melalui pemeriksaan pasien secara fisik, ahli patologi memeriksa sampel cairan tubuh dan jaringan dari pasien kemudian selanjutnya dibuat diagnosa utama.
Pada umumnya seseorang pernah melakukan tes darah dan urine yang dilakukan selama masa hidupnya. Tes inilah dianalisis oleh ahli patologi untuk membantu menentukan tindakan selanjutnya dalam rencana pemberian terapi dan perawatan pasien.

Pengujian sampel cairan dan jaringan tubuh melalui Tes laboratorium dilakukan untuk tujuan berikut ini:

  • membuat dan menkonfirmasi diagnosis
  • Pengesampingan diagnosa
  • membantu menentukan rencana pengobatan
  • monitoring penyakit dan bagaimana respon pengobatan
  • Monitoring Penyakit dan faktor risiko

Pengertian Patologi Klinik Dan Anatomi

Tes laboratorium dilakukan di laboratorium independen maupun di rumah sakit terkait, yang berada di bawah arahan ahli patologi. patologi dapat dikategorikan menjadi dua divisi:

  • Pengertian Patologi Klinik : adalah studi penyakit melalui evaluasi proses biokimia tubuh seperti produksi hormon, enzim, dan zat lainnya. Sorang Patolog Klinis menganalisis darah, urin, dan cairan tubuh lainnya.
  • Pengertian Patologi Anatomi : adalah ilmu yang mempelajari penyakit dengan memeriksa sampel jaringan yang diperoleh melalui pembedahan atau autopsi dari bagian-bagian tertentu dari tubuh. Patologi anatomi membantu menentukan penyebab dan efek dari penyakit tertentu

**** Pengertian Patologi Dan Pembagian Patologi ***