Pengertian Sistem Operasi Dan Fungsi Sistem Operasi Komputer

Pengertian Sistem Operasi Dan Fungsi Sistem Operasi

pengertian sistem operasi fungsi sistem operasi

Pengertian Sistem Operasi adalah sebuah set program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer dan memberikan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Dari pengertian Sistem operasi tersebut dapat diketahui bahwa sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari sistem perangkat lunak dalam sistem komputer, Seorang pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer tanpa sistem operasi, kecuali program aplikasi yang bisa melakukan booting sendiri.

Fungsi Sistem Operasi adalah mensinergikan antara hardware dan software yang diinstalasikan agar dapat berkomunikasi pada komputer atau yang bekerja pada sistem komputasi. Sistem operasi komputer (kadang-kadang disingkat sebagai “OS”) adalah program yang paling awal di instalasikan ke dalam komputer oleh program boot untuk mengelola semua program lain pada komputer. Program lain disebut aplikasi atau program aplikasi. Program aplikasi menggunakan sistem operasi dengan membuat permintaan untuk layanan melalui  ketentuan application program interface (API). Selain itu, pengguna dapat berinteraksi langsung dengan sistem operasi melalui user interface seperti bahasa perintah (command language) atau Graphic User Interface (GUI).

Fungsi Sistem Operasi Pada Komputer

Fungsi sistem operasi komputer adalah untuk melakukan layanan  aplikasi :

  • Dalam sebuah sistem operasi multitasking di mana beberapa program dapat berjalan pada saat yang sama, sistem operasi menentukan aplikasi yang harus dijalankan dalam rangka apa dan berapa lama harus diperbolehkan untuk setiap aplikasi sebelum memberikan giliran aplikasi lainnya.
  • Fungsi sistem operasi komputer Mengelola berbagi memori internal di antara beberapa aplikasi.
  • Menangani input dan output ke dan dari perangkat keras yang melekat, seperti hard disk, printer, dan dial-up port. port dial-up.
  • Mengirim pesan ke setiap aplikasi atau pengguna interaktif (atau operator sistem) tentang status operasi dan kesalahan yang mungkin terjadi.
  • dapat melakukan pengelolaan offload atau yang disebut batch job (misalnya, percetakan). Sehi
  • Pada komputer yang dapat memberikan pemrosesan paralel, fungsi sistem operasi dapat mengatur cara membagi program sehingga berjalan pada prosesor yang lebih dari satu pada satu waktu.

Pengertian Sistem Operasi sebenarnya adalah sebuah perangkat lunak pada lapisan pertama yang menempati ruang  pada memori komputer pada saat komputer melakukan booting. Sedangkan aplikasi lainnya dapat dieksekusi setelah Sistem Operasi berjalan, dan fungsi Sistem Operasi melakukan layanan inti umum untuk aplikasi tersebut. Semua platform utama komputer (hardware dan software) memerlukan fungsi sistem operasi komputer. posted by jaringan komputer

Please like & share: