Pengertian Teknologi Informasi dan Komponen Teknologi Informasi

Pengertian Teknologi Informasi

komponen pengertian teknologi informasi

pengertian teknologi informasi

Pengertian teknologi informasi adalah studi, desain, penciptaan, pemanfaatan, dukungan, dan sistem informasi manajemen berbasis komputer, khususnya aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Pengertian Teknologi informasi secara lengkap didefinisikan oleh Asosiasi Teknologi Informasi Amerika, atau ITAA  adalah sebagai studi, desain, pengembangan, implementasi dukungan dan / atau manajemen dari sistem informasi berbasis komputer. Hal ini berkaitan terutama untuk aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Teknologi informasi sering disingkat IT adalah istilah berkembang pada tahun1970-an Teknologi. Dari pengertian teknologi Informasi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan teknologi komputer, peralatan elektronik dan perangkat lunak untuk mengkonversi, menyimpan, mengambil, memproses,melindungi dengan keamanan dan mengirimkan informasi apapun

informasi adalah sektor luas dan beragam yang diwakili dalam beberapa bentuk di hampir semua industri. Ini adalah penggabungan dari teknologi komputer dan komunikasi di mana seorang profesional TI melakukan berbagai tugas, mulai dari pengembangan dan instalasi untuk merancang jaringan komputer yang kompleks dan aplikasi database.  Industri teknologi informasi terdiri dari komputer, media komunikasi, peripheral, alat elektronik, perangkat lunak yang terkait dengan layanan organisasi.  Penggunaan teknologi informasi untuk menyelesaikan tugas dalam setiap organisasi dalam hal mempercepat pengolahan dan mobilitas informasi, dan juga meningkatkan keandalan dan integritas informasi.

Pengertian Teknologi Informasi >>Komponen Teknologi Informasi

Pada Posting Pengantar Teknologi informasi dijelaskan bahwa perangkat teknologi informasi terdiri dari: protokol, teknologi telekomunikasi dan teknologi media pengiriman informasi, pada artikel ini ditambahkan penjelasan mengenai Komponen Teknologi Informasi yang merupakan Alat-alat Teknologi Informasi yang digunakan untuk mendukung berlangsungnya Sistem manajemen berbasis komputer. Secara garis besar Komponen Teknologi Informasi terdiri : Komputer dan Server

  1. Komputer: Komputer sangat penting dalam rangka untuk menyimpan dan pemrosesan data.  Jenis komputer dibagi menjadi empat kategori menurut  kemampuan ukuran, biaya dan pengolahan;  mainframe, superkomputer, minicomputer dan mikro komputer (desktop atau komputer pribadi).
  2. Server: Sebuah server adalah kombinasi dari hardware dan software, dan digunakan untuk menyediakan layanan kepada komputer klien pada jaringan komputer.  Layanan ini umumnya termasuk penyimpanan dan pengambilan informasi.  Sebuah komputer stand alone juga dapat bertindak sebagai server, asalkan  berjalan pada sistem operasi server.
  3. Database Management System (DBMS): Sistem Manajemen Database pada dasarnya adalah seperangkat program perangkat lunak yang mengelola penyimpanan dan pengambilan dan mengatur informasi dalam komputer.  Informasi ini dalam bentuk database yang dikelola dengan bantuan software.  DBMS menerima permintaan dari program aplikasi dan menginstruksikan sistem operasi untuk mentransfer data yang sesuai.  Ada berbagai departemen dalam suatu organisasi untuk memantau aliran informasi, meliputi Sistem Administrator, Manajer TI, Database Administrator dan Pejabat Information Officer / Chief Information officer (CIO).
  4. Jaringan: Sebuah jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan periferal yang terhubung ke satu sama lain baik melaui kabel atau nirkabel.  Jaringan memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain (berbagi informasi dan sumber daya seperti printer, scanner, dll).
  5. Keamanan Jaringan komputer dan Kriptografi: Jaringan keamanan adalah salah satu aspek yang paling penting dari teknologi informasi. Hal ini terdiri dari semua ketentuan yang dibuat dalam sebuah jaringan komputer yang mendasarinya, dalam rangka untuk mencegah penggunaan yang  ilegal.

Penurunan biaya transfer informasi secara drastis dan juga dapat meningkatkan efisiensi karyawan di semua organisasi, yang memungkinkan mereka untuk fokus pada kompetensi kerja adalah merupakan keuntungan teknologi informasi.

Demikian artikel singkat ini semoga memberi pemahaman mengenai komponen  teknologi informasi dan pengertian teknologi informasi. Semoga bermanfaat

2 comments for “Pengertian Teknologi Informasi dan Komponen Teknologi Informasi

  1. 13/12/2011 at 05:28

    hi I was luck to look for your theme in yahoo, your Topics is impressive, I learn a lot in your Topics really thanks very much, btw the theme of you blog is really wonderful, where can find it
    my site is about cheap family vacations.

  2. 08/02/2012 at 09:59

    tolong dijelaskan perbedaan komponen teknologi informasi dengan element teknologi informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *