Pengertian Virus Cara Kerja Dan Sejarah Virus Komputer

Pengertian Dan Sejarah Virus Komputer

sejarah-virus-komputer-150x150 Pengertian Virus Cara Kerja Dan Sejarah Virus Komputer

sejarah virus komputer

Sejarah Virus komputer telah melalui jalan yang panjang. Namun pada artikel ini saya sedikit meringkas perjalan sejarah virus komputer.

Worm internet dan virus pertama diciptakan hanya untuk keisengan dan mengganggu pengguna komputer lain sekedar untuk menunjukkan diri bagi pembuat virus agar dunia mengetahui keberadaan pembuatnya. Sebenarnya Apa sih Pengertian Virus Komputer itu sendiri hingga Sang pembuat virus ingin di kenal?

Pengertian Virus Komputer adalah program komputer yang bertujuan mengganggu pengguna komputer dengan cara menggandakan atau menyalin dirinya sendiri tanpa diketahui sang pengguna, berkembang dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam file program maupun pada file dokumen. Lengkapnya baca Pengertian virus Dan Malware

Sejarah Virus komputer pertama oleh pencipta Electronic Discrete Variable Automatic Komputer (EDVAC) dibuat pada tahun 1949, oleh John von Newman salah seorang pencipta komputer. Kemudian perkembangan virus komputer juga terjadi di AT & T Bell Laboratory salah satu laboratorium terbesar di dunia, sekitar tahun 1960, para peneliti membuat permainan dengan suatu program yang dapat menghancurkan, perang program ini dinamakan Core War. Para peneliti sadar bahwa program tersebut berbahaya dan menghancurkan program tersebut setiap kali selesai

Ada juga yang mengatakan bahwa sejarah virus komputer di mulai dari tahun 1970 disajikan secaran informatif melalui infographic oleh Bitdefender.

Tahun 90an windows monoculture, yaitu pada tahun 1995 sebagian komputer menjalankan sistem operasi yang dikenal Microsft 95 dimana semua komputer dapat berkomunikasi satu sama lain di dunia melalui internet. Disinilah virus mulai menjelajah secara global. Di tahun  1995 merupakan sejarah virus kompter yang dikenal dengan nama virus makro penyebarannya melalui file document misalnya MS. Word.

Cara Kerja Virus Komputer

Cara kerja Virus Komputer umumnya sama yaitu menyalin dirinya secara otomatis tanpa pengetahuan bagi pengguna komputer. Virus komputer menunjukkan bagaimana rentannya sistem keaman komputer. Sebuah virus komputer dibuat dan direkayasa agar betul-betul dapat memiliki dampak yang luar biasa dengan menggunakan jaringan komputer dan Internet yang tersebar secara global. Pendek kata, mereka menunjukkan bagaimana manusia dapat saling berhubungan melalui transmisi data yang canggih dan menjadi tergantung terhadap sistem tersebut.

Simak Bagaimana Cara Virus bekerja :

  • Virus mampu mencuri informasi pribadi kita jika ia menginfeksi komputer kita. Hal ini benar, karena ada program seperti keylogger dan sebagainya mampu melakukan hal ini jika ia menginfeksi komputer.
  • Virus mampu berkembang biak atau mereproduksi dirinya, antara virus yang populer mereproduksi dirinya adalah virus Brontok yan dulu cukup terkenal. Umumnya sifat virus saat ini, akan membuat salinan menggunakan nama yang sama pada folder kita dan menggunakan fungsi ” super hidden “dan tanpa kita sadari foolder tersebut bukanlah folder sebenarnya tetapi virus.
  • virus cenderung melakukan perubahan di dalam kodenya setiap kali mengalami proses penggandaan sehingga sangant sulit untuk dikenali oleh software  anti-virus komputer

ADVERTISMENT