Pengertian Virus Komputer Dan Malware Adalah?

Malware Adalah? Apa Perbedaan Virus, Spyware, Worm & Trojan ?

malware adalah

malware adalah?

Apa itu Malware? Pengertian Malware adalah setiap program atau file yang berbahaya (malicious software”)  bagi pengguna komputer. Dengan demikian, malware termasuk virus komputeres,  worm, Trojan horse , dan juga spyware termasuk malware.

MALWARE adalah aplikasi  komputer yang khusus dibuat dengan tujuan mencari celah dan kelemahan software. Malware adalah malicious software atau perangkat lunak berbahaya, terdiri dari pemrograman (kode,script, konten aktif, dan perangkat lunak lain) yang dirancang untuk mengganggu atau menolak software dengan tujuan  mengumpulkan informasi yang mengarah pada hilangnya privasi atau eksploitasi, atau mendapatkan akses tidak sah ke sumber daya sistem, Baca Penjelasan di bawah ini

Virus, Spyware, Worm, Trojan dan Malware adalah istilah yang seringkali kita dengar. Pada awal komputer dan Internet mulai merambah dunia, kita hanya tahu akan keberadaan Virus. Bahkan hingga sekarang  ini, jika komputer  tiba-tiba menemukan masalah misalnya menjadi lambat atau tidak beroperasi sesuai dengan harapan, dan biasanya kita memaki-maki gara-gara virus sialan. Tidak apa-apalah anda memaki demikian karena memang mungkin karena ulah si virus yang memang membuat sial sedang menggerogoti komputer kesayangan anda. Namun selain dari virus adalagi masalah baru sejenis dengan munculnya spyware, worm, trojan dan malware.
Istilah dan pengertian virus spyware, worm, trojan mungkin sudah banya yang tahu, namun tidak apa-apa saya sedikit mengulas mengenai perbedaan dari si biang pembuat sial komputer heheeh.

Perbedaan Virus, Spyware, Worm, Trojan dan Malware Adalah?

Dunia ini memang serasa tidak aman, tak terkecuali dunia maya menjadi sasaran pelaku tindak kejahatan di internet atau cyber crime. Ada saja intrik atau cara-cara menyebarkan kejahatan dengan tujuan untuk mengacaukan sistem keamanan jaringan komputer dan keamanan komputer pribadi.  Para pelaku kejahatan di dunia komputer membuat program pengacau seperti Virus, Spyware, Worm, Trojan dan Malware. Komputer Anda terus-menerus pada risiko dari infeksi malware, Malware tidak akan hilang begitu saja dalam waktu dekat. Malware tumbuh, berkembang dan terus berkembang. Malware akan menjadi lebih sulit dideteksi bahkan sulit untuk dihapus.

Apa itu Virus?.

Pengertian Virus komputer adalah program yang di tulis atau di desain khusus untuk menyerang celah keamanan sistem jaringan komputer dan juga komputer pribadi atau laptop. Umumnya penyebaran virus dengan executable file (file. Exe). Tujuan utama virus adalah untuk menghancurkan sistem komputer dan mencuri segala data-data yang ada di dalam komputer dan dapat menyebabkan pemilik komputer kerugian puluhan ribu bahkan  jutaan rupiah untuk memulihkan kembali sistem komputer mereka. Hal inilah  yang menyebabkan banyak Network Administrator atau IT Engineer menjadi puyeng.

Apa itu Worm? .

Perbedaan yang sangat jelas antara worm dan virus adalah, virus membutuhkan satu program yang bisa di lihat untuk menyerang sistem komputer. Sedangkan worm tidak membutuhkan program apapun di dalam host untuk menyerang komputer. Analisis yang di lakukan, biasanya worm beroperasi melalui file yang tersembunyi yang sulit di deteksi oleh pengguna komputer. Dan hebatnya lagi, worm menyebar tanpa disadari sama sekali oleh si mpunya komputer. Wow bahaya sekali…

Apa itu Trojan?

Trojan adalah salah satu program atau aplikasi yang dibuat untuk dapat mengakses komputer si korban tanpa memerlukan persetujuan pengguna komputer. Komputer yang sudah terinfeksi Trojan akan membuka jalan kepada penyerang atau orang yang tidak dikenal mencuri data yang berada di dalam komputer.

 Apa itu Spyware?

Spyware adalah satu program atau aplikasi yang mirip trik Trojan. Spyware merupakan program mata-mata yang bekerja untuk mencuri segala informasi di dalam komputer. spyware akan mengumpulkan dan mencuri informasi sebanyak-banyaknya untuk bisa digunakan para penjahat cyber.  Hal yang paling sering menjadi sasaran adalan username dan password untuk situs perbankan, email, portal dan sebagainya. Selain itu, spyware juga berfungsi untuk memantau segala gerak gerik pengguna komputer seperti website yang di kunjungi oleh pengguna. Spyware juga berusaha mengalihkan arah ke website yang selalu di gunakan oleh pengguna. Misalnya: pengguna mau ke www.bankabc, tiba-tiba masuk website yang di buka adalah website casino dan web-webb dewasa. Ini salah satu gejala kalau komputer terinfeksi program Spyware.

Apa itu Adware?

Adware adalah software  advertising yang membawa banyak iklan di dalam komputer, sehingga sangat mengganggu dan membuat komputer menjadi sangat lambat karena menggunakan sumberdaya komputer yang cukup lumayan. Risiko terendah adware bagi pengguna yang selalu terkonneksi ke internet, Adware akan membuka banyak popup windows yang bisa membawa kepada komputer menjadi lambat dan selanjutnya mengganggu pengguna untuk menggunakan Internet. Dan parahnya pengguna akan menggunakan bandwidth yang besar saat menggunakan Internet. Inilah salah satu faktor penyebab komputer terlalu lambat jika berselancar di Internet.

Malware adalah aplikasi yang paling jahat. Malware bertindak sebagai penyerang, pencuri data dan berusaha menyebarkan aplikasi-aplikasi kedalam komputer yang lain di dalam jaringan komputer. Intinya malware adalah program yang mengumpulkan informasi tentang pengguna komputer tanpa izin. Semua aplikasi pengganggu yang saya sebutkan diatas menjalankan aksinya tanpa pengetahuan si mpunya komputer atau laptop. Program ini Ia bisa disebarkan dengan berbagai cara.  Ada yang melalui sistem jaringan komputer, email, iklan online, flash disk dan berbagai cara lagi

sebagai langkah preventif  kemungkinan serangan aplikasi atau program jahat diatas adalah dengan menginstal program AntiVirus  dan program internet security terutama bagi pengguna yang sering menggunakan internet. Program AntiVirus harus senantiasa harus terupdate agar database virus terbaru ada dalam aplikasinya. Jadi menangkal  serangan Malicious Software seperti Virus, Spyware, Worm, Trojan dan Malware adalah dengan AntiVirus terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *