Wireless : Pengertian, Perangkat dan Sistem Keamanan Jaringan Wireless

Pengertian Jaringan Wireless, Perangkat Wireless dan sistem keamanan Wireless

pengertian wireless perangkat sistem keamanan jaringan wireless

pengertian wireless dan perangkat sistem keamanan jaringan wireless

Jaringan wireless adalah jaringan dengan menggunakan teknologi nirkabel, dalam hal ini adalah  hubungan telekomunikasi suara maupun data dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel, teknologi nirkabel, ini lebih  sering disingkat dengan istilah jaringan wireless.

wireless adalah teknologi elektronika yang beroperasi tanpa kabel. Tehnologi wireless adalah juga dapat digunakan untuk komunikasi, dan pengontrolan misalnya penggunan untuk komunikasi, dikenal dengan istilah wireless communication atau transfer informasi,s ecara jarak jauh tanpakeribetan penggunaan kabel misalnya telepon seluler, jaringan komputer wireless dan satelit.

Pengontrolan secara jarak jauh tanpa menggunakan kabel adalah salah satu aplikasi nirkabel. Misalnya penggunaan remote TV, Mobilan remote control, Aero modelling. Sekarang ini penggunaan wireless semakin marak sejak masyarakat menggunakan ponsel atau penggunaan layana wifi dan hotspot.

Jaringan wireless memungkinkan pengguna menjelajahi world wide web atau tersambung ke jaringan tanpa kekusutan kabel. Wireless sangat praktis karena pengguna dapat memindahkan perangkatnya tanpa terganggu bentangan kabel.  Sebagai contoh, si pengguna bisa mengakses Internet di dapur, bahkan di basement gedung-gedung. Pengguna bisa saja mentransfer file antara komputer melalui jaringan wireless,menggunakan printer tanpa kabel dari jarak yang lumayan jauh. Untuk menggunakan semua kelebiha  dari teknologi wireless ini, maka perlu mengetahui dasar-dasar jaringan wireless.

Jaringan Wireless LAN memanfaatkan gelombang elektromagetik (radio dan infra merah) untuk pertukaran informasi dan sharing data dari satu point ke point lainnya tanpa menggunakan fasilitas fisik. Koneksi ini menggunakan frekuensi tertentu untuk menyalurkan data tersebut, umumnya Wireless LAN menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Frekuensi inilah yang dikenal Industrial, Scientific and Medical Band atau sering disebut ISM Band

Perangkat Jaringan wireless

Untuk mempelajari dasar-dasar jaringan wireless, orang harus tahu tentang  perangkat wireless. Jaringan wireless memerlukan sebuah hub atau switch, router dan peralatan lainnya. Pengguna  juga memerlukan perangkat wireless seperti adapter jaringan yang dikenal sebagai jaringan antarmuka kartu (NIC) dan antena wireless atau penguat sinyal. Perangkat wilrelee NIC dapat terhubung ke komputer melalui PCI atau USB. Saat ini, NIC pre-embedded di laptop atau desktop. Adapter jaringan menggunakan transmisi radio untuk berkomunikasi.

Perangkat wireless misalnya Router wireless dibutuhkan untuk berbagi sambungan dial-up Internet atau koneksi Internet broadband ke komputer di jaringan wireless yang terhubung melalui modem. Jika menggunakan router atau titik akses (Acces Point), maka  jaringan menjadi scalable, maksudnya pengguna  dapat menghubungkan beberapa komputer ke jaringan.

Dengan menggunakan jaringan wireless adalah, pengguna dapat menghubungkan laptop, desktop, personal digital assistant (PDA)  dan juga dapat membangun jaringan untuk penggunaa  lanjutan, seperti game jaringan atau  menyambungkan konsol permainan video seperti Xbox, PlayStation, dll.

Sinyal jaringan harus kuat, baik konektivitas. Kadang-kadang, komputer pada jaringan area lokal (LAN) dapat berkomunikasi satu sama lain, tetapi tidak dapat mengakses situs web di Internet.

Jaringan wireless tidak perlu kabel tidak seperti jaringan kabel, tetapi jaringan wireless jauh lebih lambat daripada jaringan kabel. Perbedaannya terutama terlihat ketika men-download file di jaringan peer-to-peer, atau saat bermain multi-player game online.

Keamanan jaringan wireless

Bila menggunakan jaringan wireless, yang perlu  harus diketahui adalah bagaimana keamanan jaringan wireless, untuk melindungi privasi data Anda. Hacker  dengan mudah untuk menyerang jaringan wireless yang keamanan jaringan wireless yang minim bahkan tidak ada. Mereka bahkan dapat mengakses dan memasuki  akun email dan mengacak-acak email yang Anda terima.

Kemungkinan tetangga ikut menggunakan fasilitas wireless kita atau bahkan bisa mengakses komputer kita tanpa disadari. Salah satu cara untuk Keamanan jaringan wireless ialah dengan Wired Equivalent Privacy (WEP). WEP menggunakan kriptografi rumit untuk mengenkripsi data yang dikirim pada lalulintas  jaringan.

Anda dapat men-setup LAN wireless (WLAN) dengan menginstal semua peralatan yang diperlukan, agar dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Jaringan wireless ini cukup mudah di aplikasikan dan biasanya memenuhi standar IEEE 802.11. Jika Anda ingin mengetahui dasar-dasar jaringan wireless, Anda juga harus tahu bahwa ada banyak ragam perangkat wireless  standar 802.11, seperti 802.11a, 802.11b dan 802.11 g. Demikian artikel ringkas mengenai Pengertian jaringan wireless, perangkat wireless dan sistem keamanan wireless

One Comment

  1. Comment by Reegan:

    I like to party, not look articles up online. You made it hpaepn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *