Pengertian Memori Dan Cara Kerja Memori Komputer

Memori komputer adalah bagian penting dari seluruh sistem komputer, dan banyak mengalami perubahan pada teknologi memori pada dekade terakhir ini. Apa Pengertian Memori dan Bagaimana sistem kerja memori komputer? Simak jawabannya di blog jaringan komputer yang dibahas dibawah ini.

Pengertian Memori Komputer Dan Cara Kerjanya

pengertian-memori-komputer Pengertian Memori Dan Cara Kerja Memori Komputer

Cara Kerja Memori Komputer

Pengertian Memori adalah sistem perangkat yang menyimpan data atau program pada komputer elektronik digital. Penyimpanan mungkin saja sifatnya sementara ataupun permanen, tergantung pada frekuensi pengambilan data. Masing-masing unit memori terdiri dari chip yang memiliki fabrikasi built-in jutaan transistor dan kapasitor. Unsur-unsur kecil bergabung untuk menyimpan satu bit data dalam sebuah sel memori,dalam bentuk digit biner (0 dan 1). Kapasitor bertindak sebagai sel tahanan untuk databiner, sedangkan, transistor memungkinkan sirkuit memori untuk membaca atau mengubahnilai data dalam kapasitor. Ketika elemen ini terhubung dalam chip memori, kapasitor ini dapat menerima dan menyimpan data yang dikirim oleh CPU komputer.

Sekilas Sejarah Memori Komputer Awal

Dalam catatan sejarah memori komputer, Pada awal 1940-an, kapasitas memori komputer sangat terbatas dan hanya terdiri dari beberapa byte. Akustik delay line memory dikembangkan oleh J. Presper Eckert pada dasawarsa yang sama, dan terbukti menjadi sebuah tonggak sejarah dalam bidang teknologi memori komputer. Namun, delay line memory juga kapasitasnya terbatas hingga beberapa ratus ribu bit agar tetap efisien. Kemudian tabung Williams dan Selectron tabung, dikembangkan pada tahun 1946, yang menggunakan berkas elektron dalam tabung kaca sebagai sarana untuk penyimpanan. Kapasitas penyimpanan Selectron tabung ini terbatas 256 bit, sedangkan, tabung Williams dapat menyimpan ribuan bit. Pada akhir dekade, Jay Forrester, Jan A. Rajchman dan Wang mengembangkan magnetic core memori, yang memungkinkan memori dapat dipanggil ulang meskipun kehilangan power.

Komputer terdiri dari memori fisik dalam bentuk chip yang ditancap ke dalam soket memori motherboard. Jumlah maksimum memori yang dapat ditambahkan ke sistem komputer tergantung pada jenis motherboard. Bentuk kedua dari memori komputer dikenal sebagai memori virtual, yang pada dasarnya adalah bagian kecil dari hard drive. Bagian ini digunakan oleh sistem operasi ketika memori fisik tersedia menjadi penuh, dan dapat ditambah atau digunakan menggunakan sistem properti dari control panel. Data ditulis pada memori oleh CPU, yang mengirimkan sinyal ke transistor, memungkinkan penulisan data ke kapasitor dengan menyetorkan sebagai bit tunggal.

Cara Kerja Memori Komputer

Alamat dari setiap lokasi memori direpresentasikan dalam sistem bilangan heksadesimal (basis 16). CPU melacak lokasi tersebut dan melakukan tugas membaca dan menulis data dari mereka. Transistor dan kapasitor diatur dalam chip memori dalam bentuk baris dan kolom. Jenis yang paling umum dari memori komputer adalah RAM (Random Access Memory), yang memungkinkan pengambilan dan penyimpanan data lebih cepat . Karena kecepatan, RAM memberikan solusi yang optimal untuk menyimpan data sementara. Namun, perlu aliran listrik yang konstan untuk menyimpan data, yang tersimpan pada chip segera hilang setelah komputer dimatikan.

Ketika komputer dihidupkan, beban BIOS (Basic Input Output System) dari ROM (Read – Only Memory), dan kontroler memori memeriksa semua alamat memori untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan di dalamnya. BIOS menyediakan informasidasar tentang urutan boot, perangkat penyimpanan, dan komponen lainnya. selanjutnya,  Operating System  di-load dari hard drive ke sistem RAM, yang memungkinkan CPU untuk memiliki akses langsung ke sistem operasi. Setiap aplikasi dibuka pada komputer,dimuat ke dalam RAM. Kinerja komputer dengan membuat transfer data lebih cepat berkat fungsi memori komputer. untuk melengkapi pengetahuan anda mengenai  memori saya sarankan anda membaca artikel fungsi RAM dan Jenis-Jenis Memori Komputer.