Perangkat Teknologi Informasi & Elemen Teknologi Informasi

Perangkat Teknologi Informasi

peralatan teknologi informasi

elemen teknologi informasi

Teknologi informasi mengacu pada studi dan pengembangan dukungan-manajemen berbasis, sistem informasi komputer. Teknologi Informasi atau IT terutama berkaitan dengan aplikasi komputer. Dewasa ini Lingkungan kerja umum nya benar-benar sudah tergantung pada komputer. Hal ini menimbulkan sebuah kebutuhan pengembangan yang konsisten pada peralatan sitem informasi seperti perangkat keras, perangkat lunak dan manajemen proyek dan sejumlah persyaratan terkait termasuk, media penyimpanan dan perlindungan konten, pengolahan khusus  dan transmisi informasi dan akses  informasi yang aman sesuai kebutuhan. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel pengantar TI, Perangkat Teknologi informasi meliputi:

  1. Komputer, digunakan dalam rangka menyimpan dan pemrosesan data.
  2. Server, merupakan kombinasi perangkat keras dan lunak untuk menyediakan layanan kepada komputer klien pada jaringan komputer.
  3. Database Management System (DBMS): Sistem Manajemen Database pada dasarnya adalah seperangkat program perangkat lunak yang mengelola penyimpanan dan pengambilan dan mengatur informasi dalam komputer.
  4. Jaringan: Sebuah jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan periferal yang terhubung ke satu sama lain baik melaui kabel ataupun jaringan wireless
  5. Keamanan Jaringan komputer dan Kriptografi: terdiri dari semua ketentuan yang dibuat dalam sebuah jaringan komputer yang mendasarinya, dalam rangka untuk mencegah penggunaan yang  ilegal.  .

Elemen Teknologi Informasi

3 hal pokok elemen Teknologi informasi yaitu :

  1. Software dan Aplikasi, Software adalah elemen teknologi informasi yang penting penting, berhubungan dengan aplikasi komputer yang memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan, menyimpan, program, dan mengambil data bila diperlukan. Ada banyak perangkat lunak yang dikembangkan untuk tujuan yang berbeda. Semua operasi di sektor bisnis dilakukan oleh perangkat lunak yang ditugaskan untuk melaksanakan tugas tertentu. Tanpa aplikasi komputer bisnis tidak akan mampu untuk melaksanakan fungsi mereka dengan cara yang tepat dan efisien. Operasi sistem, ERP, aplikasi tujuan khusus, dan web browser adalah beberapa contoh perangkat lunak lainya. Ada beberapa perangkat lunak yang secara khusus dibangun untuk memberikan kontribusi pada kerja kolaboratif yang tepat dari semua bagian dari bisnis, yang dikenal sebagai Enterprise Resource Planning (ERP). Ini adalah aplikasi yang kompleks yang memungkinkan orang untuk secara efisien mengelola semua fungsi dan operasi dari semua proses dalam bisnis.
  2. Perangkat Hardware, elemen Teknologi informasi yang dimaksud disini adalah  peralatan komputer sebagai pendukung utama TI, Perangkat seperti mikrokomputer, menengah server, dan sistem mainframe besar adalah beberapa contoh perangkat keras. Bisnis harus mempertahankan banyak koleksi data penting. Untuk tujuan ini, mereka menggunakan perangkat ini yang bertanggung jawab untuk menyimpan data rahasia perusahaan dan mengambilnya kembali saat diperlukan. Perangkat keras lainnya termasuk perangkat jaringan yang digunakan untuk menyediakan akses Internet ke perusahaan untuk bekerja dan berkomunikasi secara cepat. Bahkan ada perangkat yang memungkinkan alat manufaktur dan peralatan untuk bekerja secara akurat di sektor industri.
  3. Operator (Pelaku Bisnis atau pemanfaat Teknologi Informasi) contohnya : Bisnis manufaktur dapat menggunakan server dan database untuk menyimpan data mereka yang luas mengenai persediaan, B2B, B2C, FMCG (di sektor bisnis ritel), dll Produsen mobil menggunakan komputer untuk memandu manufaktur dan merancang alat untuk berfungsi secara tepat, memerintah keluar dari setiap kemungkinan kesalahan manusia. Bisnis di seluruh dunia harus mengambil bantuan teknologi informasi dalam beberapa cara atau yang lain untuk menjaga diri mereka sinkron dengan pasar global da beberapa departemen dalam organisasi bisnis seperti SDM dan rekrutmen, keuangan dan penggajian, administrasi, dan keamanan. Semua departemen memanfaatkan TI untuk melakukan operasi masing-masing dengan cara yang produktif dan efisien.

Hal-hal yang setelah dilakukan secara manual atau dengan tangan kini telah menjadi lebih mudah dan lebih cepat karena munculnya teknologi komputasi. Dunia kita sekarang ini telah berubah banyak hal karena peranan teknologi informasi.