Perbedaan Internet dan Intranet

perbedaan internet dan intranet

perbedaan internet dan intranet

Perbedaan Internet dan Intranet hampir sulit diklasifikasikan, karena menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang sama tapi berbeda dalam dan konsep dan prinsip kerja. berikut saya akan menjelaskan beberapa konsep Perbedaan  Internet dan Intranet  dari berbagai konsep  yang akan saya bagi menjadi sub bahasan

Konsep  Perbedaan Internet dan Intranet & Extranet

persamaan konsep Internet, intranet dan  extranet adalah semua bergantung pada teknologi TCP / IP yang sama. Namun, ketiganya memiliki tingkat perbedaan dari segi konsep akses  berbagai pengguna dalam dan di luar organisasi dan ukuran jaringan. Sebuah intranet memungkinkan untuk akses terbatas hanya anggota organisasi; jaringan extranet memperluas akses dengan memungkinkan non-anggota seperti pemasok dan pelanggan untuk menggunakan sumber daya perusahaan. Perbedaan antara Internet dan ekstranet adalah bahwa sementara jaringan extranet memungkinkan akses terbatas ke non-anggota organisasi, Internet umumnya memungkinkan semua orang untuk mengakses semua sumber daya jaringan.

Konsep Pengertian Extranet adalah hampir sama Intranet namun dari sisi pengguna jaringan ekstranet memberi akses pada non anggota dariorganisasi. oleh karena itu Dalam ulasan ini saya membatasi pada perbedaan internet dan intranet dari segi konsep sebagai berikut:

  1. Perbedaan Pengertian dan Cara kerja Internet dan Intranet dari
  2. Perbedaan Internet dan Intranet dari Segi Struktur, skala dan kompleksitas
  3. Perbedaan dari Segi Struktur dan Server Control Internet dan Intranet
  4. Perbedaan  Segi Struktur PenggunaInternet dan Intranet dari

Perbedaan Internet dan Intranet dari Segi Pengertian dan Cara kerja

Pengertian Intranet adalah sebuah jaringan komputer internal pribadi atau koneksi dari satu atau lebih jaringan komputer, yang penggunaannya dibatasi hanya pada akses organisasi atau yang terlibat langsung dari organisasi tersebut.  Transfer data melalui jaringan semacam ini adalah dikontrol dengan menggunakan internet protokol seperti mentransfer hyper text transfer protocol (HTTP) dan file transfer protocol (FTP).  Jenis-jenis jaringan yang digunakan untuk memberi kemudahan berbagi informasi dan komunikasi dalam perusahaan.  Dalam industri berbasis pada sektor teknologi informasi, mutlak memiliki intranet karena diperlukan untuk pekerjaan mereka berbagi data yang banyak. Fakta bahwa ketika anda mengakses informasi secara langsung melalui Internet, ini menunjukkan bahwa Anda telah memahami tentang apa dan bagaimana internet atau jaringan global menghubungkan anda kejaringan komputer dengan skala luas.  Suatu contoh jaringan komputer kecil yang mungkin ada di rumah atau kantor berhubungan dengan jaringan komputer di sekitar anda tersebar lalu terintegrasi di segala pelosok kemudian terintegrasi lagi secara nasional hingga membentuk jaringan luas yang bisa diakses secara global. Hal yang anda jumpai ini adalah Internet!  Ini adalah jaringan tunggal yang menghubungkan komputer ke seluruh dunia menggunakan protokol internet, untuk berbagi informasi.

Titik utama dari perbedaan intranet dan internet, ialah intranet melibatkan beberapa jumlah komputer yang diberi hak akses saja meskipun hubungan jaringannya bisa saja antar negara namun tidak semua orang dapat mengaksesnya kecuali diberikan hak untuk mengaksesnya misalnya hubungan komputer yang ada di kantor-kantor cabang di jakarta dapat bertukar informasi dengan kantor yang ada di Amerika dalam lingkup satu organisasi, sedangkan Internet adalah sebuah jaringan lebih dari miliar komputer menyebar ke seluruh dunia.

Perbedaan  Internet dan Intranet dari Segi Struktur, Skala dan Kompleksitas

Perbedaan Internet dan Intranet  dari strukturnya sulit dibedakan, Struktur intranet pada prinsipnya mirip dengan Internet. Keduanya menggunakan struktur server-klien dan kedua jaringan transfer data menggunakan protokol Internet. Pada kenyataannya, intranet sering disebut sebagai ‘Internet pribadi’. Namun, perbedaan internet dan intranet didasarkan pada perbedaan skala besar dalam jaringan dan skala kompleksitas. Dengan miliaran komputer berbagi dan mentransfer data di antara satu sama lain, administrasi Internet jauh lebih kompleks, hal ini di ibaratkan bahwa internet adalah induk semua jaringan kompute yang menghubungkan sejumlah besar jaringan dan routing perangkat keras yang diperlukan untuk menghubungkan semua komputer di seluruh dunia. Di sisi lain, intranet, hanya untuk beberapa komputer dan lebih mudah dalam pengelolaannya.

Perbedaan Internet dan Intranet Dari Segi Server Control.

Salah satu yang paling mendasar dari jaringan intranet maupun internet adalah segi  perbedaanInternet dan intranet adalah  kontrol servernya. Intranet dikontrol oleh satu server, yang umumnya memadai untuk dapat menangani semua tugas. Tapi pada Internet dioperasikan oleh miliaran set komputer server yang terkait seluruh dunia. Pembagian Server terpusat dan Pembagian Sub Server jelas terlihat. Ibarat emerintahan Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Perbedaan Internet dan Intranet Dari Segi Pengguna

Internet dan intranet berbeda dalam pengguna. Internet adalah jaringan global yang telah berbagi di tingkat global sebagai tujuan informasi. Tapi intranet dibangun dalam sebuah organisasi, sehingga sumber daya dan komunikasi terbatas pada lingkup internal organisasi. Intranet perusahaan dibatasi akses kontrol melalui user id dan password, yang tidak dapat diakses oleh siapa pun di luar. Internet lebih terbuka dalam arti, dapat diakses oleh setiap orang yang terhubung internet secaraglobal

Penjelasan diatas adalah pelbagai [erbandingan antara internet dan intranet, agar mudah mendapatkan pemahaman yang benar mengenai perbedaan internet dan intranet dari beberapa segi