Processor Tercepat Dari Fungsi & Cara Kerja Prosessor

Bagaimana Memilih Processor Tercepat

processor2-150x137 Processor Tercepat Dari Fungsi & Cara Kerja Prosessor

Memilih processor tercepat, mungkin tidak banyak orang yang tahu, karena terkadang pembeli Desktop maupun Laptop terjebak dengan harga yang murah dari promosi yang ditawarkan di pasaran komputer, tanpa mempertimbangkan peralatan yang terpasang didalamnya, apakah sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya kelak setelah membeli. Hal ini terkadang menimbulkan penyesalan, karena harapan untuk mengakses sebuah aplikasi atau game dengan cepat ternyata tersendat-sendat atau malah  komputer berhenti bekerja. Dalam artikel ini saya mencoba membahas mengenai Fungsi Processor dan Bagaimana memilih prosessor terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai masyarakat yang awan kurang tahu mengenai seluk beluk komputer dan tentunya bingung memilih komputer yang coock sesuai kebutuhannya. Umumnya mereka hanya tergiur dengan harga murah tanpa mempertimbangkan jenis peralatan dan kwalitas peralatan. Suatu hal yang sangat penting sebelum membeli Komputer adalah mengetahui Central Processing  Unit (CPU) atau prosessor yang terpasang pada piranti tersebut.

Dalam memilih prosessor memang menjadi salah satu hal utama kita dalam memilih hardware untuk komputer bagi yang mempertimbangkan kecepata dan kestabilan cara kerja komputer dalam mengakses suatu aplikasi. Ketika akan membeli komputer kadang kita suka ditanya mengenai masalah prosessor. petugas toko biasanya menanyakan”Anda mau menggunakan prosessor apa?, mau Intel atau AMD?” atau kadang menanyakan mau prosessor Celeron atau Core 2 Duo,  core i3 dan sebagainya. Kadang karena gengsi dan malu kalo di sebut GAPTEK, bisanya calon pembeli langsung saja bilang ”yah.. Intel dong “karena kebanyakan orang menggukanan prosessor tersebut…. atau kadang bilang mau Komputer Pentium 4 karena dipikiran orang-orang awam Komputer Ber-prosessor Pentium 4 adalah Komputer berkecepatan tinggi. Hehehe padahal saat sekarang Pentium 4 sudah tidak ada dipasaran. Nah dari pada malu nanti sesat di rimba teknologi informasi, ada baiknya mengertahui dan mengenal mengenai Alat pemroses ini.

Pengertian Processor, Fungsi Dan Cara Kerja Prosessor

Processor (CPU, untuk Central Processing Unit) dalam bahasa kasarnya adalah otak dari  komputer. processor adalah suatu komponen (biasanya wujud fisiknya berupa chip) yang terletak dalam suatu sistem komputer yang berfungsi sebagai unit pusat pemroses atau pengolah data dan istruksi. Cara kerja processor adalah menjalankan sekumpulan instruksi mesin yang memerintahkan  prosessor apa yang harus dilakukan. Bertolak dari  instruksi tersebut, ada 3 fungsi prosessor dalam hal dasar:

Jika Anda mencari chip processor tercepat, dengan mempertimbangkan kemampuan finansial, mungkin  salah satu dari daftar berikut ini memenuhi kebutuhan.

  • AMD Phenom II X6 1100T – $ 265
  • AMD Phenom II X6 1090T-169 $
  • AMD Phenom X4 II 980 – $ 185
  • AMD Phenom X4 II 975 – $ 175
  • AMD Phenom X4 II 965 Black Edition 3,4 GHz – $ 195
  • Intel Core i5 750 2,66 GHz – $ 196
  • Processor Intel Pentium G6950 2,80 – $ 87
  • AMD Phenom II X2 3,1 GHz 550 – $ 102

Meskipun tidak bisa menyamai kehebatan processor intel core i7 namun cukup buat aplikasi Game yang membutuhkan akselarasi grafis yang handal, dan kebutuhan perkantoran dan rumah. Sekarang tinggal Anda yang memutuskan dengan  pertimbangan anggaran dan kebutuhan untuk memilih processor tercepat.

ADVERTISMENT