Processor Tercepat Dari Fungsi & Cara Kerja Prosessor

Bagaimana Memilih Processor Tercepat

processor tercepat

Memilih processor tercepat, mungkin tidak banyak orang yang tahu, karena terkadang pembeli Desktop maupun Laptop terjebak dengan harga yang murah dari promosi yang ditawarkan di pasaran komputer, tanpa mempertimbangkan peralatan yang terpasang didalamnya, apakah sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya kelak setelah membeli. Hal ini terkadang menimbulkan penyesalan, karena harapan untuk mengakses sebuah aplikasi atau game dengan cepat ternyata tersendat-sendat atau malah  komputer berhenti bekerja. Dalam artikel ini saya mencoba membahas mengenai Fungsi Processor dan Bagaimana memilih prosessor terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai masyarakat yang awan kurang tahu mengenai seluk beluk komputer dan tentunya bingung memilih komputer yang coock sesuai kebutuhannya. Umumnya mereka hanya tergiur dengan harga murah tanpa mempertimbangkan jenis peralatan dan kwalitas peralatan. Suatu hal yang sangat penting sebelum membeli Komputer adalah mengetahui Central Processing  Unit (CPU) atau prosessor yang terpasang pada piranti tersebut.

Dalam memilih prosessor memang menjadi salah satu hal utama kita dalam memilih hardware untuk komputer bagi yang mempertimbangkan kecepata dan kestabilan cara kerja komputer dalam mengakses suatu aplikasi. Ketika akan membeli komputer kadang kita suka ditanya mengenai masalah prosessor. petugas toko biasanya menanyakan”Anda mau menggunakan prosessor apa?, mau Intel atau AMD?” atau kadang menanyakan mau prosessor Celeron atau Core 2 Duo,  core i3 dan sebagainya. Kadang karena gengsi dan malu kalo di sebut GAPTEK, bisanya calon pembeli langsung saja bilang ”yah.. Intel dong “karena kebanyakan orang menggukanan prosessor tersebut…. atau kadang bilang mau Komputer Pentium 4 karena dipikiran orang-orang awam Komputer Ber-prosessor Pentium 4 adalah Komputer berkecepatan tinggi. Hehehe padahal saat sekarang Pentium 4 sudah tidak ada dipasaran. Nah dari pada malu nanti sesat di rimba teknologi informasi, ada baiknya mengertahui dan mengenal mengenai Alat pemroses ini.

Pengertian Processor, Fungsi Dan Cara Kerja Prosessor

Processor (CPU, untuk Central Processing Unit) dalam bahasa kasarnya adalah otak dari  komputer. processor adalah suatu komponen (biasanya wujud fisiknya berupa chip) yang terletak dalam suatu sistem komputer yang berfungsi sebagai unit pusat pemroses atau pengolah data dan istruksi. Cara kerja processor adalah menjalankan sekumpulan instruksi mesin yang memerintahkan  prosessor apa yang harus dilakukan. Bertolak dari  instruksi tersebut, ada 3 fungsi prosessor dalam hal dasar:

  1. Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) bertugas melakukan operasi Aritmatika seperti pejumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Mikro prosessor modern mengandung floating point unit yang mampu melakukan operasi yang sangat kompleks pada angka yang besar.
  2. Memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi lainnya.
  3. Mengambil keputusan dan melompat ke instruksi lain sesuai keputusan itu.

Setiap chip Prosessor komputer sekarang ini adalah kepingan yang terukir dengan skala nanometer (10-9 m), membentuk miliaran transistor secara besama-sama membentuk prosessor dari komputer  Hari ini produsen chip telah mencapai batas dalam hal jumlah transistor yang terdapat pada chip silikon dan tidak  membuatnya menjadi  chip multicore. Terdapat dua, empat atau enam chip yang bekerja dan terkordinasi pada prosessor  saat ini. Desain multicore ini  telah membantu pembuat chip seperti Intel melewati  hambatan clocking  frekuensi dan menciptakan chip lebih cepat.

Chip  prosessor ini adalah otak dari sebuah komputer yang fungsi utamanya adalah  mengontrol seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Pilihan-pilihan dari jenis processor sangat berpengaruh pada kecepatan komputasi dan kemampuan multitasking. Jika Anda berencana untuk membeli desktop atau komputer laptop, tentunya anda ingin tahu processor terbaik dan  cocok sesuai kebutuhan, dan tentunya faktor finansial juga menentukan pilihan anda. Disini saya akan uraikan  processor terbaik dari segi fungsi, harga dan tentunya  juga kinerjanya

Memilih Processor Tercepat dengan Intel Core i7

Memilih prosessor tidak bisa disamakan antara kebutuhan seorang yang menggunakan komputer hanya untuk mengetik dan bagi mereka yang menggunakannya untuk pekerjaanvideo editing, designer graphis dan sebagainya.

Tentu hal ini bertumpu pula pada kekuatan dan keunggulan prosessor tadi. Nah, Anda menggunakan prosessor apa saat ini?
Hal-hal yang diinginkan pada sebuah prosessor komputer kecepatan tinggi yang diwakili oleh frekuensi clock tinggi), multitasking, kemampuan untuk menangani grafis 3D secara intensif, ukuran cache lebih besar (membuat memori bekerja lebih banyak dan maksimal) dan tentu saja biaya yang pantas untk memiliki  Chip processor terbaik yang  memiliki lebih dari satu fitur tersebut.
Ada lebih dari satu cara memilih chip komputer terbaik,  tergantung seperti apa yang anda inginkan.  Ada prosessor  yang berada pada peringkat atas mengungguli  prosessor lain yang digunakanan umum atau dengan pilihan dengan pertimbangan anggara namun bisa mendapatkan prosessor  terbaik dengan biaya yang pantas. Disini  saya jelaskan kedua pertimbangan ini.
Jika mempertimbangkan Komputer dengan processor terbaik  untuk laptop atau komputer desktop, maka singkat jawabaannya. Pilihannya adalah processor Intel Core i7 990X adalah ‘Nomer satu’. karena prosessor ini adalah yang terbaik di dunia saat ini. Prosessor  yang powerfull dikemas pada prosessor ini adalah binatangnya dari CPU yang  diluncurkan oleh Intel sampai saat ini, dengan 6 core, 12 threads, 12 MB smart Cache dan frekwensi clocking yang maksimal dari 3,46 GHz bisa mencapai 3,73 GHZ on demand,  didukung oleh Intel teknologi TurboBoost. Arsitektur 32nm  secara linear lebih powerfull dibanding pendahulunya 45nm. Hal ini tak terbantahkan,  chip komputer terbaik untuk gaming. Kekuatan prosessor  dukungan Intel Hyper threading, virtualisasi, 6.4 GT / s Intel QPI dan teknologi berkecepatan langkah. prosessor ini diciptakan  untuk menaklukkan penggemar game dan bagi user yang membutuhkan performa, Dengan semua keunggulan fitur yang dimiliki  prosessor ini di bandrol dengan harga $ 999. Sungguh harga yang fantastis namun keunggulan fitur yang fenomenal yang didukung oleh 6 core dan 12 thread. Ini benar-benar salah satu dari jenis prosessor paling unggul  di pasar komputer saat ini. Pada seri Intel Core i7 extreme, ada beberapa prosessor yang perlu  diperhatikan, prosessor dengan nama ‘m ‘ ini adalah processor untuk laptop Intel Core i7 980X (12 MB cache, 3,33 GHz)

processor terbaik

Prosessor Seri Intel Core i7

  • Intel Core i7 975X (8 MB cache, 3,33 Ghz)
  • Intel Core i7 965 (Cache 8M, 3,20 GHz)
  • Intel Core i7 940XM (8M Cache, 2.13 Ghz)
  • Intel Core i7 920XM (8M Cache, 2.00 Ghz)
  • Intel Core i7-2960XM (8M Cache, 2.70 Ghz)
  • Intel Core i7-2920XM (8M Cache, 2.50 GHz)

Memilih Processor Tercepat dengan Pertimbangan Anggaran

Satu-satunya masalah dengan Core i7 980X dari seri  lainnya adalah harga yang tidak terjangkau oleh manusia kebanyakan Namun, ada banyak pilihan dari jajaran yang lebih rendah untuk. Pada artikel lain AMD vs Intel chip akan dibahas perbandingannya, Processor AMD tidak yang sekelas yang core i7 juga  menawarkan chip quad core pada harga yang jauh lebih rendah.
Intel memberikan alternatif pilihan dibawah seri core i7 yaitu core i3 dan i5.

processor tercepat AMD

processor tercepat AMD

Jika Anda mencari chip processor tercepat, dengan mempertimbangkan kemampuan finansial, mungkin  salah satu dari daftar berikut ini memenuhi kebutuhan.

  • AMD Phenom II X6 1100T – $ 265
  • AMD Phenom II X6 1090T-169 $
  • AMD Phenom X4 II 980 – $ 185
  • AMD Phenom X4 II 975 – $ 175
  • AMD Phenom X4 II 965 Black Edition 3,4 GHz – $ 195
  • Intel Core i5 750 2,66 GHz – $ 196
  • Processor Intel Pentium G6950 2,80 – $ 87
  • AMD Phenom II X2 3,1 GHz 550 – $ 102

Meskipun tidak bisa menyamai kehebatan processor intel core i7 namun cukup buat aplikasi Game yang membutuhkan akselarasi grafis yang handal, dan kebutuhan perkantoran dan rumah. Sekarang tinggal Anda yang memutuskan dengan  pertimbangan anggaran dan kebutuhan untuk memilih processor tercepat.