Router

Router : Definisi, Fungsi /Kegunaan dan Jenis Router

perangkat keras jaringan komputer router

Anda tertarik untuk mengetahui apa  itu router?  Baca artikel ini dan semua pertanyaan Anda akan dijawab.

Internet adalah sumber daya utama untuk setiap jenis informasi saat ini. Dan router merupakan hal penting dalam konsep koneksi internet yang membuat pengalaman web Anda lebih baik.  meskipun begitu, banyak orang yang tidak mengerti apa yang dimaksud router dan apa Fungsinya. Melalui blog ini saya mencoba membahas Definisi dan apa fungsi Router

Apa itu Router?

Router adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang memfasilitasi komunikasi antara dua atau lebih komputer atau jaringan komputer.  Piranti ini mengurai data yang datang ke komputer melalui jaringan dan mengarahkan ke arah komputer  tujuan.  Muncul dalam berbagai jenis tergantung pada jenis koneksi yang digunakan.  Perlu diketahui bahwa router tidak sama dengan modem .

Fungsi dan Kegunaan Router

Router bekerja pada level IP.  Setiap komputer memiliki alamat IP yang unik dan alat ini mengenali permintaan data berdasarkan alamat IP.  Ia mengirim dan menerima data IP dalam bentuk paket.  Sekarang paket data ini harus melalui ribuan router dalam perjalanannya dan setiap router menyimpan beberapa informasi tentang router pengirim dalam tabel routing.  Hal ini dilakukan agar alat ini dapat mengontrol paket yang masuk atau keluar.

Router tidak mempunyai kemampuan untuk mempelajari, namun dapat menentukan path (alur) data antara dua jaringan yang paling efisien. Ia Router beroperasi pada lapisan dan  tidak mempedulikan topologi dan tingkat acces yang digunakan oleh jaringan.  Karena ia beroperasi pada lapisan jaringan. Ia tidak dihalangi oleh media atau protokol komunikasi. Berbeda dengan Bridge yang mengetahui tujuan ahir paket data dan hanya mengetahui dimana router berikutnya ditempatkan. Alat ini  digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol tingkat tinggi yang sama.

Router menghubungkan hanya dari komputer ke komputer dan tidak memiliki hubungan dengan saluran telepon, alat ini menggunakan koneksi jenis RJ45 untuk menghubungkannya dengan komputer.  Tanggung jawab utamanya adalah untuk meneruskan sinyal dari komputer ke komputer sehingga tidak mengkonversi sinyal. Hal ini juga digunakan sebagai alat keamanan seperti firewall yang diimplementasikan didalamnya.  router Juga tidak  harus terkoneksi ke  internet tapi ia wajib untuk membangun akses nirkabel ke Internet. Penggunaan router lainnya yang penting  penting adalah menghubungkan dua atau lebih komputer untuk satu koneksi Internet. Untuk mengetahui lebih lanjut fungsi router secara umum dan spesifik [klik disini…]

Jenis-Jenis Router

Disni saya hanya menjelaskan 2 jenis  yang umum digunakan baik pada jaringan rumahan, warnet maupun perusahaan yaitu jenis Broadband dan Wireless

Router Broadband

Ada beberapa hal yang diketahui untuk apa menggunakan alat ini.  Sebagai contoh, jika Anda ingin menggunakan layanan VoIP, yaitu Voice over Internet Protocol, Anda akan memerlukan router broadband.  salah satu da ini akan mengijinkan  berkomunikasi melalui layanan Internet  ke saluran telepon sehingga memungkinkan membuat panggilan melalui Internet.

Router Wireless

Jika Anda memiliki koneksi Internet di ruman serta ingin  menggunakanya di sekitar rumah atau ingin berbagi koneksi, maka dibutuhkan router nirkabel.

Banyak orang bingung mengenai modem dengan router,  kedua perangkat ini sama sekali berbeda dan tujuan juga sama sekali berbeda.  Satu perbedaan penting antara mereka adalah bahwa modem sangat penting untuk koneksi internet sedangkan router tidak.

Sekian sekilas Pengertian Fungsi dan jenis Alat diatas, Saya harap artikel di atas memberikan informasi yang baik mengenai router