Sejarah Internet Di Indonesia

Masa Pra-Sejarah dan Sejarah Internet di Indonesia

Sebelum kita mengulas Sejarah internet di Indonesia ada baiknya kita bahas sedikit  mengenai masa pra sejarah internet di Indonesia, sebagai ulasan rentetan sejarah  internet Indonesia dan perkembangannya

sejarah internet di indonesia

sejarah internet di indonesia

mulai dari munculnya ide penggunaan internet hingga pada penggunaannya secara meluas.

Phase Pra-Sejarah Internet di Indonesia

Seperti yang disebutkan ulasan Sejarah jaringan komputer dan Internet pada posting sebelumnya  bahwa Pada pertengahan tahun 1985,  usaha untuk membangun jaringan komputer telah dilakukan di belahan dunia lain, misalnya di benua Eropa, yang telah membangun EuropaNET dan EBONE. Kemudian di adopsi teknologi dan Penggunaanya  di negara-negara Asia yang pada awalnya masuk di Asia Timur yaitu jepang, China disusul  korea,  Asia Selatan masuk dari pintu India, kemudian disusul di Negara-negara Asia Tenggara pada akhir dekade 80an. Resminya menurut catatan sejarah perkembangan internet di indonesia sekitar awal tahun 1990 dilansir dari wikipedi.com

Ada dua hal yang penting digaris bawahi  jika membahas subjek  pra-Sejarah Internet di Indonesia.

  • Pertama, Perkembangan  komputer baik dari segi pemanfaatan dan jumlah komputer di Indonesia sangat kurang pada periode 1970-1980an.
  • Kedua, istilah Internet,  mulai dikenal dan populer  pada tahun 1990an.

Phase Sejarah Internet di Indonesia

Pada catatan sejarah internet di Indonesia, menyebutkan bahwa nama dari sebuah network komputer didasarkan pada siapa yang mendanai atau siapa yang memanfaatkan pertama kali. contohnya: apranet, BITnet, CSnet, NSFnet, UUSCPnet, dan sebagainya.

Internet merupakan alat komunikasi yang mulai luas digunakna akhir tahun 1990. Perkembangan jaringan internet di Indonesiapun baru  dimulai pada pertengahan dekade 90an, namun sejarah internet di Indonesia sudah dapat dicatat dari masa pra-sejarah internet pada tahaun  1970-an.

Pada awal sejarah internet di Indonesia dan perkembangannya, pemakaia internet masih terbatas dan  kegiatan ini masih bersifat hoby dan non-komersial, seperti kegiatan-kegiatan berbasis hobby dan dalam perkembangan selanjutnya kebanyakan ide datang dari komunitas akademisi, mahasiswa dan praktisi telekomunikasi  pada saat itu kegiatannya masih berbasis hobby tersebut, melalui upaya pembangunan  infrastruktur telekomunikasi internet.

Diawal sejarah internet di Indonesia, Komunitas pengguna internet yang terdiri dari akademisi: Dosen dan Mahasiswa serta praktisi komunikasi lainnya dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. (Dilansir dari wikipedi.com) samgat berbeda dengan para pengguna Internet saat ini terasa lebih komersial dan individual sebagai ativiitasnya terutama Internet telah dibisniskan.

Pada catatan sejarah internet di Indonesia  menurut whois.com, adalah ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24)  telah didaftarkan oleh UI Jakarta pada tanggal  24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama yang dikenang awal sejarah internet Indonesia

Pengembangan infra struktut Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah memberi konstribusikan  keahlian dan dedikasinya sebagai bagian sejarah Internet  di Indonesia.

Pada Tahun 1994 telah dioperasikan untuk pertamakalinya IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada masa itu pula  POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Koneksi awal ke Internet dilakukan penggunaan dial-up oleh IndoNet, sebuah terobosa  yang cukup berani. Lokasi IndoNet masih di Seputar  kompleks perumahan Dosen UI Rawamangun, dimana  ayah Sanjaya adalah Dosen UI. Akses awal di IndoNet awalnya memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine pada server AIX.

Pada Tahun 1995 menurut catatan sejarah internet di Indonesia, beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa sebagai provider  jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, sehingga pengguna Internet di Indonesia bisa mengakses Internet dengan HTTP

Phase Sejarah Internet Indonesia Modern

Pada Phase sejarah internet di Indonesia Modern ini, internet telah mengarah ke Bisnis Online  atau trend e-commerce dan Waret dan Café Internet. Nuansa bisnis sudah sangat kenatal pada phase ini .

Sejak 1988, CIX perusahaan Inggri menawarkan kepada indonesia jasa E-mail dan Newsgroup. menyusul menawarkan jasa akses HTTP dan FTP. Beberapa pengguna Internet memakai modem 1200 bps dan saluran telpon Internasional yang sangat mahal untuk mengakses Internet.

 pada 1989 Compuserve (AS) juga menawarkan hal serupa yaitu jasa E-mail dan mehyusul Newsgroup, HTTP/FTP. Beberapa pengguna Compuserve memakai modem yang dihubungkan dengan Gateway Infonet yang berpusat di Jakarta. Biaya akses Compuserve masih tergolong mahal, tetapi masihlebih murah dari CIX.

Pada saat sekarang ini pengguna internet dunia tak ketinggalan pula Indonesia disibukkan dengan media jejaring sosial. Menurut Enda Nasution pada Seminar Politik dan Bisnis Media Baru di Jakarta, 4 Agustus 2010. Mengataan “Turning point yang menandai sejarah internet di Indonesia, bahwa internet, khususnya social media atau populer dengan Social Networking, sangat berpengaruh bahkan mampu mengemudikan isu di dunia nyata yang terjadi tahun 2009” selanjutnya. Enda menyebutkan, pada tahun itu menjadi semacam milestone baru di ranah internet Indonesia. pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia 49 persen per tahunnya. “Sekitar 70 persen di antaranya adalah usia 35 tahun ke bawah,” ucapnya. “Dan mereka menjadi pendorong gerakan sosial yang terjadi di Indonesia,” di tahun 2010. Demikian catatan singkat sejarah internet di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *