Server :: Fungsi Dan Jenis-Jenis Komputer Server

Komputer Server Adalah?

komputer server

Komputer Server adalah salah satu infrastruktur yang paling penting dalam organisasi mana pun. Jawaban dasar atas pertanyaan ‘apa itu komputer server’, terletak pada nama istilah. terletak Server adalah komputer yang melayani semua komputer atau terminal yang terhubung kepadanya. Aplikasi yang disimpan di komputer ini dan terminal komputer lain terhubung, dapat mengaksesnya.

Fungsi Komputer Server

Tugas yang dilakukan oleh komputer server tergantung pada penggunaan komputer serverFungsi server secara umum dilakukan oleh sebuah server komputer adalah

  • menyimpan aplikasi dan database yang dibutuhkan oleh komputer yang terhubung.
  • Menyediakan fitur keamanan komputer.
  • Melindungi semua komputer terhubung menggunakan firewall.
  • Menyediakan IP Address untuk mesin komputer terhubung.

Fitur Komputer Server

Server yang dipilih untuk sebuah organisasi harus memenuhi kondisi tertentu antara lain:

  • dibutuhkan ukuran memori atau RAM yang cukup besar untuk menampung jumlah query yang dijalankan oleh komputer yang terhubung. Hal  Ini dikarenakan komputer server memberikan layanan kepada sejumlah besar komputer maka dibutuhkan memori yang besar untuk mendukung tugas utamanya.
  • Aspek berikutnya adalah yang dibutuhkan untuk mengelola, adalah kecepatan prosesor. Kecepatan prosesor biasanya diukur dalam Giga Hertz. Kemampuan processor adalah menjalankan semua perintah yang diminta oleh mesin. Hal ini sangat diperlukan bahwa server harus memiliki kecepatan prosesor yang optimal, oleh karena itu processor yang di gunakan adalah kemampuannya  memberikan fasilitas multitasking.
  • Kapasitas penyimpanan hard drive dari komputer server, haruslah besar untuk dapat menyimpan semua data. Dalam sebuah jaringan, pengguna komputer umumnya menyimpan informasi yang dibutuhkan oleh komputer klien
Jenis-Jenis Komputer Server

Berbagai jenis-jenis komputer server dapat dikategorikan dalam dua kategori utama.

Dedicated Server

Jenis server melakukan fungsi tertentu, seperti situs web hosting. Ada berbagai layanan web hosting, yang menggunakan dedicated server untuk situs web hosting. Perusahaan tertentu juga telah mendedikasikan server komputer untuk menyimpan situs web mereka sendiri. Jenis ini server sangat kuat karena harus menangani lalu lintas web, yang mencoba untuk mengakses halaman Web yang terkandung di dalamnya.

Server Bersama

Sebuah komputer server  bersama adalah server biasa, yang digunakan dalam jaringan komputer, untuk beberapa pengguna. Sejumlah besar aplikasi, database dll disimpan di dalamnya.Pengguna yang berbeda terhubung ke server, mengakses server tergantung pada kebutuhan mereka. Server ini tidak perlu disesuaikan seperti dedicated server. Contoh yang paling umum untuk jenis server, adalah server aplikasi. Sebuah server aplikasi menyimpan semua informasi yang diperlukan oleh orang-orang dalam jaringan. Di banyak organisasi, karyawan sering diberikan terminal dummy. Hal ini berarti mereka memiliki keyboard komputer dan monitor komputer, tetapi seluruh proses dan penyimpanan dilakukan pada komputer server. Terminal ini tidak memiliki hard disk individu, dan menyimpan data pada hard disk yang tersimpan pada komputer server.

Saya berharap artikel ini membantu Anda dalam memahami mengenai aspek-aspek yang berhubungan dengan komputer server.

ADVERTISMENT