Sistem Jaringan Komputer

Pengertian Sistem Jaringan Komputer

pengertian-sistem-jaringan-komputer-150x150 Sistem Jaringan Komputer

Pengertian Sistem jaringan komputer adalah sekumpulan aturan dan peralatan sebagai satu kesatuan yang terdiri terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi dan dapat mengakses informasi secara bersama.

Secara terminologi sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain, menurut  L. ACKOF Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya. Sistem dapat  didefinisikan sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Sebagai contoh, dalam sistem komputer terdapat software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (sumber daya manusia). Sedangkan jaringan komputer  adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung.  Ketika komputer ini bergabung dalam jaringan, maka orang dapat berbagi file dan peripheral seperti modem, printer, tape drive cadangan, atau CD-ROM drive. Secara luas jaringan komputer bisa terhubung kebeberapa lokasi yang terhubung dengan  menggunakan layanan yang tersedia dari Perusahaan penyedia Layanan Internet, sehingga jaringan komputer dapat mengirim e-mail, berbagi link ke Internet global, atau melakukan konferensi video secara real time dengan pengguna jarak jauh lainnya. Singkatnya, Jaringan komputer adalah sekelompok dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama-sama.

Sebuah sistem jaringan komputer melibatkan dua buah komputer yang dihubungkan dengan menggunakan media online  atau online telepon.  Sedangkan sistem jaringan yang rumit atau kompleks tergantung pada imajinasi masing-masing.  Khususnya, jaringan komputer berarti semua node seperti server (server), stasiun kerja (workstation), printer (printer) dan sebagainya dihubungkan satu sama lain dengan tujuan untuk berbagi informasi dan bahan. Dengan kata lain, informasi yang ada pada pengguna A dapat disebarkan kepada penguna lain dan begitu juga sebaliknya.

Pembagian Sub-sistem Jaringan Komputer

Lingkup Sistem Jaringan komputer melibatkan beberapa sub-sistem jaringan komputer yang terdiri dari: Sistem jaringan komputer menurut ruang dan jangkauan, model jaringan, desain topologi jaringan, perangkat keras jaringan komputer dan perangkat lunak jaringan komputer (Penjelasan sistem jaringan komputer dibawah ini disertai link untuk melengkapi pengetahuan anda mengenai sistem jaringan komputer)

1.  Sistem jaringan komputer menuruat ruang dan jangkauan terdiri  dari

  • LAN
  • WAN
  • MAN
  • INTRANET
  • INTERNET
  • PVN

[more..]

2.  model sistem jaringan komputer

  • Peer-to-peer
  • Server/Client

 [more..]

3.  Topologi Jaringan

Topologi jaringan mengacu pada bentuk sistem jaringan komputer, atau tata letak jaringan. Topologi jaringan menggambarkan Bagaimana node berbeda dalam jaringan  terhubung satu sama lain dan bagaimana mereka berkomunikasi ditentukan oleh topologi jaringan. Topologi  jaringan baik fisik maupun logis. Dalam bagian ini saya akan menjelaskan berbagai jenis topologi jaringan. [more…]

4.     Perangkat Keras jaringan

Terdapat empat kategori Perangkat jaringan Komputer:

Jaringan Komputer adalah Sebuah jaringan komputer adalah sekelompok komputer atau lebih terhubung satu sama lain secara elektronik. Ini berarti bahwa Sebuah jaringan komputer, juga disebut hanya sebagai jaringan, terdiri dari dua atau lebih komputer, dan perangkat lainnya biasanya juga (seperti printer, hard drive eksternal, modem dan router), yang terhubung bersama sehingga mereka dapat berkomunikasi satu sama lain dan dengan demikian perintah pertukaran dan berbagi data, perangkat keras dan sumber daya lainnya. komputer dapat “berkomunikasi” satu sama lain dalam sistem jaringan komputer.

One thought on “Sistem Jaringan Komputer

Comments are closed.