Sistem Operasi Linux & Sejarah Linux

Pengatar Sistem Operasi Linux Dan Sejarah Linux

sejarah sistem operasi linux

sistem operasi linux

Sistem Operasi Linux terus berkembang dan menempati sebagai OS  yang banyak diminati, Linux telah berhasil mendapatkan cukup banyak popularitas karena fitur unik seperti perangkat lunak bebas dan mendukung pengembangan sumber terbuka. Berikut adalah pengantar Pengenalan Linux dan tinjauan sejarah Linux.

Sistem operasi Linux adalah salah satu OS populer digunakan dengan pengembangan open source pendukung perangkat lunak gratis. Awalnya dirancang untuk mikroprosesor Intel 80386, Linux sekarang berjalan pada berbagai arsitektur komputer dan telah menyebar secara luas.

Sistem operasi komputer bertipe Unix yang menggunakan Linux kernel dikenal sebagai sistem operasi Linux. Dalam sejarah Linux, Pada tahun 1991, Linus Torvalds mulai menulis kernel Linux, setelah sekitar 250 programmer berkontribusi dengan kode kernel. Richarad Stallman seorang pengembang software Amerika, yang merupakan bagian dari proyek GNU,  menciptakan General Public License, yang didistribusikan Linux. Utilitas dan Pustaka Linux datang dari sistem operasi GNU.

Dengan istilah  perangkat lunak bebas, berarti bahwa Sistem Operasi Linux dapat disalin dan disebarluaskan dalam bentuk modifikasi atau tidak  tanpa banyak pembatasan. Linux dilisensikan dibawah hakcipta GNU General Public License (GPL) salah satu jenis lisensi open source. Lisensi ini telah dicatat oleh Free Software Foundation (FSF), http://www.opensource.org/ bertujuan untuk mencegah setiap individu atau perusahaan dari pembatasab penyebaran kode-kode aplikasi.

Distribusi sistem operasi Linux merupakan sebuah proyek yang mengelola koleksi perangkat lunak Linux dan instalasi OS. Termasuk perangkat lunak sistem dan aplikasi perangkat lunak dalam bentuk paket dan instalasi dan konfigurasi awal rincian. Ada sekitar 300 distribusi sistem operasi Linux yang berbeda. (Baca Macam-macam Linux: Sistem Operasi Distribus Linux), yang paling menonjol dari distribusi sistem operasi Linux adalah Fedora, Red Hat, dan Mandrake. Sebagian besar yang didistribusikan sistem operasi Linux mendukung berbagai bahasa pemrograman misalnya Perl, Python, Ruby dan bahasa pemrograman dinamis lainnya. sistem opersi Linux mendukung sejumlah Java virtual machine dan pengembangan kit dan juga C++ compiler.

Sejarah Sistem Operasi Linux

Sejarah Linux berawal ketika Linus Torvalds, mahasiswa teknik komputer Universitas Helsinki tahun kedua mengumumkan bahwa ia akan menulis sebuah sistem operasi. Dengan maksud untuk menggantikan MINIX, Oleh karena Minix hanya dibangun untuk tujuan pengajaran sistem operasi dan melengkapi kekurangan berbagai hal yang ada di dalam  Unix, Linux didirikan dari UNIX untuk PC yang disebut Minix. Unix adalah sistem operasi yang ketiga untuk CTSS, yang pertama diikuti oleh MULTICS. Tim programmer yang dipimpin oleh Prof. Fernando J. Corbato di pusat komputasi MIT, menulis CTSS, sistem operasi pertama yang mendukung konsep time-sharing. AT & T mulai bekerja pada sistem operasi Multics tetapi harus meninggalkan proyek karena mereka gagal memenuhi tenggat waktu. Ken Thompson, Dennis Ritchie dan Brian Kernighan di Bell Labs, menggunakan ide-ide pada proyek MULTICS untuk mengembangkan versi pertama dari Unix.

MINIX adalah sebuah sistem berbasis Unix yang dirilis oleh Andrew Tenenbaum. Kode sumber tersedia untuk pengguna tetapi ada pembatasan modifikasi dan distribusi perangkat lunak. Pada 25 Agustus 1991, Torvalds mulai menulis Linux kernel. Linux sebelumnya tergantung pada ruang pengguna MINIX tetapi dengan diperkenalkannya GNU GPL, pengembang GNU bekerja ke arah integrasi Linux dan komponen GNU.

Dalam sejarah Linux (Sebutan “LINN-ooks”).  Linus mengambil keputusan menulis kembali sistem operasi itu dan menamakannya Linux, yang ditulis pada masa itu pada komputer “Sinclair QL”dengan memori hanya 4MB.  Akhir tahun 1991 Linux diperkenalkan kepada umum dan Linus telah membuat kode-kode Linux secara gratis dan mendorong penyebaran dan pengembangan Linux oleh orang lain.

Pembangunan sistem opersi Linux terus berkembang dibawah pimpinan Linus, oleh kelompok pembangunan sistem Linux yang tersebar di seluruh dunia melalui Internet.

Kebanyakan perangkat lunak, aplikasi dan utilitas di dalam distribusi Linux datang dari FSF dan proyek GNU. Proyek GNU http://www.gnu.org/ adalah usaha untuk menulis sistem operasi portabel dan canggih yang menyerupai UNIX. seperti yang disebutkann dalam sejarah linux diatas, apa yang dibangun oleh Linus hanyalah Kernel pada Linux tanpa dilengkapi perangkat lunak dan perangkat lain pada sistem operasi Linux.

1 comment for “Sistem Operasi Linux & Sejarah Linux

  1. 06/08/2012 at 00:40

    menarik, terima kasih… ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *