Software Jaringan Komputer

Software Jaringan Komputer dan Protokol Jaringan

software jaringan komputer NOS

software jaringan komputer NOS

Software Jaringan komputer adalah perangkat lunak jaringan komputer yang secara primitif mendefinisikan protokol antara dua mesin. Software Jaringan Komputer  menyelesaikan ambiguitas antara berbagai jenis jaringan sehingga memungkinkan semua mesin di jaringan saling terhubung, berkomunikasi dan berbagi informasi satu sama lainnya.

Software Jaringan Komputer  adalah informasi, data atau pemrograman yang digunakan agar komputer dapat berkomunikasi atau saling terhubung. Perangkat Lunak Jaringan Komputer digunakan untuk efisien berbagi informasi antara komputer. Mengemas informasi yang akan dikirim dalam “paket” yang berisi “header” dan “Trailer”. Header dan trailer berisi informasi untuk komputer penerima, seperti alamat komputer itu dan bagaimana paket informasi yang dikodekan. Informasi ditransfer antar komputer baik berupa sinyal listrik pada kabel listrik, atau sinyal cahaya dalam kabel serat optik, ataupun sebagai gelombang elektromagnetik melewati ruang.

Software Jaringan Komputer 

Sistem Operasi Jaringan (Network Operating System-NOS)

Syarat  sistem Operasi agar dapat menjadi sistem operasi jaringan :

  1. Stabil
  2. Aman
  3. Mendukung jaringan secara native
  4. Multi user
  5. Mampu melaksanakan operasi multitasking
  6. Mampu mendukung penggunaan perangkat keras dalam skala besar

Dibandingkan dengan sistem operasi yang digunakan untuk pengguna individu untuk mengontrol sebuah komputer, misalnya DOS dan Windows 95, Software Jaringan Komputer NOS  mengontrol dan mengelola semua aktivitas yang dilakukan oleh berbagai komputer di sepanjang jaringan. Software Jaringan Komputer (NOS) bertindak sebagai manajerdirektur untuk memastiakan perjalanan jaringan ini dapat berjalan dengan sempurna dan sistematik

Ada dua jenis Programming Jaringan (NOS) yang utama yaitu:

  1. peer-to-peer
  2. client-server

Peer-To-Peer

Software Jaringan Komputer peer-to-peer memungkinkan pengguna berbagi sumber-sumber dan file-file yang ada pada komputer pribadi masing-masing dan membuka, mencari dan mengambil data atau sumber informasi yang ada dari komputer-komputer orang lain.

Namun,  jaringan peer-to-peer tidak  memiliki file server atau sumber manajemen terpusat karena di dalam sistem jaringan ini, semua komputer dianggap setara dan seimbang. Ini berarti semua pengguna memiliki kualifikasi dan kemampuan untuk menggunakan sumber yang ada di dalam komputer di jaringan tersebut.Sistem Operasi Jaringan sesama client cocok  untuk memenuhi kebutuhan suatu jaringan komputer yang kecil dan menengah, sangat cocok untuk lokal area network (LAN). Contoh program yang bisa berfungsi sebagai sistem jaringan peer-to-peer adalah AppleShare dan Windows workgroup.

CLIENT – SERVER (CLIENT-SERVER)

Software Jaringan Komputer mengizinkan jaringan tersebut memusatkan fungsi dan aplikasi di dalam satu atau lebih file server yang dedikasi. File server menjadi nadi pada sebuah sistem, menyediakan akses ke berbagai sumber dan juga menyediakan fitur-fitur keamanan.

Work station personal dapat menggunakan sumber-sumber yang ada di dalam file server. Software Jaringan Komputer ini juga menyediakan mekanisme yang memungkinkan intergrasi di antara semua komponen dan memungkinkan berbagai pengguna berbagi sumber informasi yang sama meskipun berada di beberapa posisi fisik yang berbeda.

Macam-Macam Software Jaringan Komputer

Di antara contoh-contoh Software Jaringan Komputer  yang melibatkan jaringan sesama client dan server-klien adalah:

  1. AppleShare
  2. LANtastic
  3. Microsoft Windows untuk Workgroups
  4. Microsoft Windows NT Server
  5. Novell Netware

Protokol Jaringan

Protokol Jaringan adalah satu set aturan yang mengatur online komunikasi di antara beberapa buah komputer yang ada dalam suatu jaringan. Peraturan-peraturan tersebut termasuk pedoman yang mencakup beberapa kriteria-kriteria sebuah jaringan. Ini termasuk cara mengakses, topologi fisik yang diizinkan, jenis-jenis perkabelan, dan kecepatan pengiriman data.

Protokol Jaringan diibaratkan sebagai bahasa komunikasi antar komputer dalam jaringan [klik disini untuk bahasan lengkap Protokol Jaringan]. semoga artikel singkat ini bisa memberi pemahaman mengenai Software jaringan komputer