Struktur Segmen & Aplikasi Layer TCP – Transmission Control Protocol

Apa itu TCP?

Singkatan TCP adalah Transmission Control Protocol dan IP –  Internet Protocol  adalah dua protokol jaringan yang berbeda tapi mereka sering digunakan secara bersamaan, TCP/IP telah menjadi terminologi standar yang merujuk pada salah satu atau kedua protokol tersebut. IP berada dilapisan jaringan (Layer 3) pada model OSI, sedangkan TCP-Transmission Control Protocol berada pada layer Transport (Lapisan ke 4) pada referensi Model OSI Layer. Gambar berikut ini menunjukkan model referensi Layer TCP /IP dan referensi model OSI.

layer-tcp

layer-tcp

Model Layer TCP/IP tidak memiliki session dan presentation layer. Oleh karena itu tidak perlu untuk diamati, jadi mereka dikecualikan. Ingat bahwa TCP hanya berjalan pada mesin akhir dan oleh karena itu mereka tidak ada pada router atau dalam jaringan internal

Fungsi TCP

Koneksi  Transmission Control Protocol menawarkan fungsi layanan sebagai berikut

1. Full Duplex Data Transfer:

yaitu level aplikasi data dapat ditransmisikan pada kedua-duanya antara dua host.  Misalnya  jika koneksi TCP yang ada antara proses adi satu endsystem/mesin dan proses b endsystem lain, kemudian level aplikasi data dapat mengalir dari a ke b pada saat bersamaan

2.  Point To Point Connection (sambungan titik ke titik)

Koneksi Transmission Control Protocol selalu point-to-point, yaitu, antara satu pengirim dan satu  penerima. Transmisi data dari satu pengirim ke beberapa penerima sekaligus tidaklah mungkin jika koneksi  TCP diadopsi oleh perangkat.

3. Error Control: (Mengontrol Kesalahan)

Transmission Control Protocol menawarkan transfer data ke komputer lain terbebas dari kesalahan. Untuk routingyang efisien, data dibagi menjadi paket-paket dan masing-masing diteruskan ke lapisaninternet. Di tempat tujuan, proses TCP-penerima menyusun kembali pesan yang diterimake aliran output.

4. Flow Control  (Kontrol Aliran)

Transmission Control Protocol juga menangani flow control untuk memastikan pengirim cepat  tidak  mengirimkan data pada tingkat yang lebih tinggi dari tingkat penerimaan receiver.

5. Three Way Handshake

Klien pertama mengirimkan segmen TCP-khusus; server menanggapi dengan segmen TCP-khusus kedua; dan akhirnya klien menanggapi lagi dengan segmen khusus ketiga. Dua yang pertama tidak mengandung segmen application-layer data (lapisan aplikasi data ) ketiga segmen tersebut dapat membawa beberapa aplikasi data. Karena tiga segmen yang dikirim antara dua host, prosedur pembentukan koneksi ini sering disebut Three Way Handshake (Jabat tangan 3 jalur) . Setelah koneksi TCP terbentuk, kedua proses aplikasi dapat mengirim data satu sama lain.

Struktur Segmen TCPTransmission Control Protocol

  • Struktur Segmen-TCP

    Struktur Segmen-TCP

    Unit transmisi di TCP disebut diagram Segment.  di bawah ini menunjukkan struktur-struktur segmen 32 bit.

  • TCP-Header Length  Bidang ini menunjukkan panjang header.
  • URG (urgent): Bit ini diaset ke 1 jika ada informasi yang  penting dalam pengiriman.
  • The sequence Number Field (Urutan nomor Bidang32-bit sequence number and the 32-bit acknowledgment number field digunakan oleh TCP-pengirim dan penerima dalam menerapkan layanan transfer data yang dapat diandalkan.
  • The Flag Field: Bidang ini berisi 6 bit. ACK  bit digunakan untuk menunjukkan nilai yang dilakukan acknowledgment field tidak invalid. RST, SYN dan FIN bit yang digunakan untuk setup koneksi dan penghentian masing-masing.
  • Source and Destination port numbers ( Sumber dan tujuan nomor port), digunakan untuk tujuan multiplexing/demultiplexing data dari dan ke atas application layer
  • Receive Window, field  yang digunakan oleh penerima untuk memberitahukan pengirim seberapa banyak ruang tersedia dalam buffer penerima.
  • Checksum memberikan nilai pemeriksaan kesalahan untuk menunjukkan untuk menjamin keamanan dan integritas dari segmen.
Segmen Maksimum TCP

Segmen maksimum adalah blok terbesar data yang dikirim Transmission Control Protocol ke ujung lainnya. Setiap ujung dapat mengumumkan MSS selama pembentukan koneksi. Default adalah 576 byte, termasuk 20 byte untuk IP header dan 20 byte untuk TCP-header. Ethernet menunjukkan MSS 1460 byte sedangkan IEEE 802.3 menunjukkan 1452

Pengertian TCP -Transmission Control Protocol adalah sebuah konesksi berorientasi protokol yang dapat diandalkan, digunakan bersama dengan Internet Protocol (IP) untuk mentransfer data dalam bentuk paket di jaringan komputer melalui  Internet. IP (Internet Protocol) menguruspenanganan pengiriman sebenarnya ari Data sementara TCP menangani / melacak paket.

ADVERTISMENT