TCP IP | Model Layer TCP IP Dan Layer OSI

MODEL Layer TCP IP Dan Layer OSI

MODEL Layer TCP IP Dan Layer OSI

MODEL Layer TCP IP

TCP IP adalah dua protokol yang digunakan pada standar di dunia Internet. Mari kita lihat pada model TC IP dan layer TC IP dari stack protokol TCP IP

Sebuah protokol adalah seperangkat aturan yang diikuti untuk berkomunikasi pada jaringan komputer. Standarisasi Protokol koneksi dan komunikasi antara komputer. Transfer data antara komputer, bersama dengan sintaks dan semantik, komunikasi diatur oleh ketentuan protokol. TCP IP adalah seperangkat protokol jaringan yang digunakan pada pengaturan Internet.

Layer TCP IP Dan Layer OSI

Layer TCP IP dikembangkan pada garis model Layer OSI, juga disebut sebagai protokol DoD atau Arpanet, pada awal perkembangan didanai oleh Advanced Research Project Agency (ARPA). ARPA adalah bagian dari Departemen Pertahanan AS (DoD). model OSI memiliki tujuh lapisan dan pada tahun 1974, referensi model TCP IP ditarik dari garis model layer OSI. Ada banyak kesamaan serta perbedaan antara layer OSI dan model referens layer TCP IP . Tujuh layer OSI /lapisan dari model referensi OSI adalah sebagai berikut:

  • Lapisan fisik (Physical layer)
  • Lapisan data-link (Data link layer)
  • Lapisan jaringan (Network Layer)
  • Lapisan transpor (Transport Layer)
  • Lapisan sesi (Session Layer)
  • Lapisan presentasi (Presentation Layer)
  • Lapisan aplikasi (Application Layer)

Stack protokol TCP IP memerlukan pengolahan pusat yang sedikit dan dapat dengan mudah daipulihkan dari kegagalan dari node atau gangguan telepon. Hal ini disebut stack protokol, seperti biasanya, Hal ini disebut stack protokol, seperti biasanya, stack disebut perangkat lunak terkait dengan protokol. TCP merupakan protoko kontrol transmisi. dan bertanggung jawab untuk transmisi paket data dari klien ke server. TCP mentransmisikan kembali data jika data hilang atau jika data yang salah diterima di titik akhir. Data ditransmisikan kembali sampai benar-benar diterima tanpa kesalahan pada server atau titik akhir yang telah meminta data tersebut. IP, yaitu protokol Internet, dioperasikan pada jaringan Gateway dan bertanggung jawab untuk paket transmisi dari satu node ke node. Protokol Internet menggunakan alamat IP untuk transmisi data. Stack protokol Layer TCP IP, biasanya terdiri dari empat lapisan yaitu:

  1. Network Interface Layer, adalah layer antara komputer host dan jaringan. Layer TCP IP ini mengacu pada jaringan fisik dan semua yang berhubungan dengan komponen fisik yang bertanggung jawab untuk transmisi data. Layer TCP IP ini menggunakan protokol untuk mengirim paket informasi melalui jaringan. Protokol ini tidak sama di mana-mana dan bervariasi dari jaringan ke jaringan. Fungsionalitas Layer TCP IP ini dapat dilihat oleh pengguna internet karena mereka dilakukan oleh sistem operasi dan driver hardware (driver jaringan) memungkinkan koneksi dengan jaringan komputer. Fungsi utama dari lapisan interface jaringan adalah routing dan sinkronisasi data melalui jaringan, memeriksa format data, mengubah sinyal (analog ke digital), Deteksi kesalahan pada data yang ditransmisikan.
  2. Internet Layer Ini Layer TCP IP yang paling penting di antara empat lapisan model TCP IP yang mengikuti lima protokol yang berbeda yaitu protokol IP, protokol ARP, protokol ICMP, protokol RARP dan protokol IGMP. Protokol ini memungkinkan routing paket data ke komputer lain dan mengelola data yang diterima pada mesin ini. Paket data yang dikirim dari mesin host dalam urutan acak di seluruh jaringan. Protokol IP bertanggung jawab untuk menerima paket data dalam mode memerintahkan di ujung penerima.
  3. Transport Layer. Layer TCP IP ini adalah lapisan ketiga dari tumpukan atau stack protokol TCP IP. Seperti namanya, Layer TCP IP transpor bertanggung jawab untuk transportasi data. Transmisi dan penerimaan data ditangani oleh lapisan transportasi. Lapisan ini juga adalah fungsi untuk mendeteksi kesalahan pada data yang ditransmisikan. Pada dasarnya, Layer TCP IP transpor berkomunikasi data di antara aplikasi yang berjalan pada komputer. Aplikasi dan sistem operasi yang digunakan yang berbeda pada komputer yang berbeda. Untuk mengidentifikasi aplikasi bersama dengan sistem operasi, lapisan transpor menggunakan sistem penomoran. Angka-angka yang diberikan terkait dengan aplikasi yang digunakan dan disebut nomor port. Lapisan transportasi menggunakan dua protokol yaitu:
    1. TCP (Transmission Control Protocol): sebuah protokol yang berorientasi sambungan.
    2. UDP (User Datagram Protocol): ini adalah protokol connectionless.
  4. Application Layer, Layer TCP IP ini adalah lapisan paling atas dari tumpukan atau stack protokol TCP IP. Layer TCP IP
    aplikasi berhubungan dengan aplikasi yang sebenarnya berjalan di komputer yang ingin berkomunikasi. Aplikasi ini melakukan fungsi seperti koneksi jaringan, utilitas internet, layanan koneksi jauh dan berbagai layanan internet lainnya. Aplikasi yang berjalan pada komputer host menyediakan komunikasi antara sistem operasi dan layanan jaringan.

Struktur berlapis memberikan keuntungan dari fungsi pemisah sesuai dengan tujuan yang mereka layani. Hal ini menyederhanakan dan mengatasi masalah dan memungkinkan interoperabilitas hardware dan software yang berhubungan dengan jaringan komunikasi. Demikianlah fungsi masing-masing Layer TCP IP. posted by jaringan komputer