Modem ADSL

Pengertian Modem ADSL

modem ADSL

modem ADSL

Modem ADSL adalah teknologi baru dikembangkan, tidak terbatas pada frekuensi voiceband audio dan telepon.  Beberapa modem ADSL menggunakan frekuensi coded orthogonal frequency division modulation ( (DMT, untuk MultiTone Diskrit, juga disebut COFDM, untuk TV digital di sebagian besar penguna di dunia) Kabel modem menggunakan rentang frekuensi awalnya ditujukan untuk penggunaan saluran televisi RF.  Beberapa kabel modem terpasang pada kabel tunggal  dan dapat menggunakan band frekuensi yang sama, menggunakan  protokol akses media tingkat rendah (low-level media access protocol)  memungkinkan akses  saluran yang sama.  Biasanya, sinyal ‘atas’ dan ‘bawah’ disimpan terpisah menggunakan divisi frekuensi multi akses (frequency division multiple access).

Teknologi  Modem ADSL

Teknologi Modem ADSL – Asinchronous Digital Subscriber Line adalah alat yang digunakan untuk koneksi  komputer atau router ke sirkuit telepon yang telah dikonfigurasi DSL. Sama hal modem lainnya, modem ADSL adalah jenis transceiver. Hal ini juga disebut Transceiver DSL atau ATU-R (ADSL Transceiver Unit–Remote) akronim  dari NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter, Network Termination Broad Band Acces)

Komunikasi  Teknologi paket data ADSL memungkinkan penggunaan bandwidth yang optimum, karena bisa dimanfaatkan untuk lebih dari satu sambungan secara efisien dan ekonomis. ADSL merupakan salah satu varian dari teknologi yang lebih umum yaitu teknologi DSL. Disebut ADSL karena menggunakan bandwith yang berbeda untuk mengirim (upstream) dan menerima (downstream). Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa sasaran dari teknologi ini adalah pelanggan rumahan yang lebih banyak downlad dibandingkan dengan upload data. Dibandingkan teknik DSL yang lain, ADSL memiliki kelebihan yaitu kecepatan yang tertinggi dengan jarak yang memadai dan bisa mendukung layanan komunikasi suara. Kedua layanan komunikasi data dan suara dilaksanakan melalui dua saluran yang terpisah tetapi tetap dalam satu kabel yang sama. Sementara pada teknik DSL yang lain menggunakan dua kabel yang terpisah untuk bisa memberikan kedua layanan komunikasi tersebut. Sinyal telepon yang digabungkan dengan sinyal ADSL dalam satu kabel tetap diberi daya oleh perusahaan telepon. Meskipun jalur modem ADSL tidak berfungsi atau komputer tidak dihidupkan, jalur telepon tetap dapat berfungsi seperti biasa. Jadi kabel telepon dapat digunakan untuk sambungan suara sekaligus juga untuk saluran akses data melaluimodem ADSL. Tidak diperlukan suatu sambungan/jaringan baru sebagai saluran internet sehingga sangat menghemat biaya.

Sebagian besar teknologi modem  ADSL  mengelola koneksi dan sharing  layanan ADSL di jaringan, dalam hal ini, unit ini disebut ADSL router atau residen gateway. Router DSL memiliki komponen yang melakukan framing, sementara komponen lainnya melakukan Asynchronous Transfer Mode Segmentasi dan Reassembly, IEEE 802.1D bridging dan / atau IP routing (termasuk terjemahan alamat jaringan).  Interface  yang umum adalah tipikal  Ethernet dan Universal Serial Bus (USB). Walaupun modem ADSL bekerja sebagai jembatan atau bridge tidak memerlukan alamat IP, untuk melaksanakan fungsi manajemen

ADVERTISMENT