Topologi Bus – Kelebihan Dan Kekurangan Topologi Jaringan Bus

Pengertian Dan Cara Kerja Topologi bus

Pengertian Topologi bus dalam istilah jaringan komputer adalah metode transmisi pada jaringan yang dapat digambarkan sebagai transmisi yang menggunakan kendaraan umum, oleh karena itu dikategorikan sebagai komunikasi bersama. Bayangkan sebuah bus mengambil penumpang dari satu halte dan menurunkannya saat perjalanan dan kemudian memilih beberapa lagi. Seperti itulah gambaran pada topologi jaringan bus

pengertian gambar topologi bus

gambar topologi bus

Namun pada topologi Bus hanya satu perangkat yang diperbolehkan mengirim pada satu titik waktu. DAP atau Distribution Acces Protocol memiliki informasi tentang stasiun yang harus mengirimkan data. Data yang ditransmisikan memiliki frame yang akan memiliki nama sumber dan alamat jaringan.

Cara Kerja Topologi Bus

Cara Kerja topologi jaringan bus menghubungkan sesuatu ke setiap komputer di jaringan yang disebut trunk segmen. Bus biasanya disebut kabel yang menghubungkan ujung ke ujung dan ini digunakan untuk mengirimkan sinyal dari satu ujung ke ujung lainnya. Pada akhir setiap terminator ditempatkan ia mengenali kemana arah data bepergian dan juga terminator digunakan untuk menyerap sinyal. Jika terminator tidak menyerap sinyal kemudian sinyal yang sama tercermin kembali ke bus, hal ini mengacaukan aliran seluruh data. Topologi tipe Bus dianggap sebagai jaringan pasif karena komputer sebagian besar tergantung pada sinyal yang ditransmisikan.

Kelebihan Dan Kekurangan Topologi Bus

Setiap model desain topologi jaringan komputer memiliki keuntungan dan juga keterbatasan keterbatasan misalnya permasalahan arus data yang ditransmisikan pada setiap jenis topologi, tak terkecuali pada topologi model bus.

Kelebihan Topologi Bus

  • Kelebihan topologi jaringan bus adalah jika satu komputer gagal dalam jaringan yang lain masih tidak terpengaruh dan mereka terus bekerja. Jaringan bus sangat sederhana dan mudah dibuat. Jika ada kebutuhan jaringan yang mungkin digunakan untuk pemakaian jangka pendek, kmungkinan jaringan Bus adalah alternatif pilihan terbaik.
  • Jaringan bus sangat simpel dan menggunakan sedikit jumlah kabel
  • Penerapan Topologi jaringan bus tidak membutuhkan biaya besar dibanding jenis topologi jaringan komputer lainnya.

Kekurangan Topologi Bus

  • Dalam jaringan bus dibutuhkan sambungan jaringan untuk menentukan transfer data antara dua node.
  • Jika laju transfer data terlalu tinggi maka jaringan Bus tidak dapat berkinerja dengan baik karena data pada stream tidak dapat boleh kelebihan beban
  • Jaringan bus sedikit menantang ketika Anda harus memecahkan masalah.
  • Jaringan bus tidak cocok sebagai jaringan yang besar karena terdapat keterbatasan jumlah node yang dapat diatur untuk satu persatu kabel.
  • Jika kebutuhan jumlah komputer meningkatkan dalam jaringan, laju transfer data akan sangat terasa menurun.

Kesimpulan Topologi Bus

Terlepas dari kekurangan topologi bus, jaringan ini dianggap termudah mengaplikasikannya dalam hal memberi solusi akan kebutuhan jaringan yang mendesak dibandingkan dengan jenis topologi jaringan lainya. keuntungan topologi bus ada sistem yang menjamin penanganan tabrakan  perjalanan data tanpa kesalahan dan data disampaikan dengan benar.

salah satu keuntungan topologi bus yaitu  ada master bus jaringan yang menjamin bahwa data mengalir dalam arah yang benar dan tertib. Semua komputer di jaringan bus mendengarkan sinyal namun mereka tidak memegang tanggung jawab untuk memajukan sinyal. Sinyal maju sendiri- sendiri. Jadi jika satu komputer tidak menerima sinyal, setiap sinyal masih membawanya maju tanpa berhenti di komputer yang telah gagal. Topologi Jaringan bus saat ini kurang umum digunakakan berkat kemajuan sistem jaringan komputer yang lebih mudah dalam pengoperasian dan tidak rumit dalam penerapan bentuk desain jaringannya Namunpun demikian dasar-dasar teknologi yang lebih baru berasal dari teknologi yang lebih tua seperti topologi Bus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *