WIFI adalah? : Pengertian, Cara Kerja WiFi dan Sejarah WiFi

Pengertiaan Wireless LAN – WiFi Adalah?

wifi adalah wireless lan cara kerja wifi sejarah wifi

wifi adalah wireless lan disertifikasi oleh WiFi Alliance

wifi adalah singkatan dari  wireless fidelity, Teknologi WiFi  adalah digunakan untuk menyediakan akses internet nirkabel di zona terbatas yang dikenal dengan istilah hotspot. WiFi adalah  sebagai pengganti istilah Wireless LAN, walau demikian setiap Wireless LAN tunggal (Local Area Network) tidak diharus disertifikasi oleh WiFi Alliance. WiFi adalah istilah lain dari Wireless LAN yang disertifikasi oleh WiFi  platform standar jaringan IEEE 802,11

Pengertian  WiFi  adalah teknologi komunikasi yang menggunakan tehnologi  radio  pada perangkat Wireless LAN adalah dengan urutan penyebaran spektrum secara langsung (Direct-sequence spread spectrum radio technology)’  dan Tehnologi radio divisi frekwensi orthogonal Multiplexing (Orthogonal Frequency Division Multiplexing radio technology) WiFi adalah sebuah merek dagang dari produk Wireless LAN yang digunakan oleh sebuah konsorsium atau kelompok dagang yang dikenal sebagai Aliansi Wi-fi.  Inti dari teknologi Wi Fi adalah perangkat Wireless LAN yang bertindak sebagai  jembatan antara perangkat nirkabel yang beroperasi pada teknologi yang berbeda.

Cara Kerja WiFi  adalah?

Teknologi jaringan WiFi adalah bekerja dengan menggunakan Gelombang radio dengan menggunakan Wireless LAN  dari komputer, router nirkabel memainkan peran penting pada sistem Cara kerja WiFi.  Adaptor ini menerima data dari komputer dalam bentuk digital.  Setelah Data di  konversi  kedalam bentuk gelombang radio maka dikirim ke router melalui antena.  Sinyal decode Router mengirimkannya ke Internet.  Proses ini dikembalikan ketika informasi yang dikirimkan dari internet ke komputer.

Perbedaan antara gelombang radio yang dikirim oleh Wireless LAN WiFi dan yang  dikirim oleh walkie-talkie dan ponsel adalah WiFi menggunakan gelombang frekuensi tinggi dari 2,4 GHz atau 5 GHz.  Teknologi WiFi adalah beroperasi pada platform standar jaringan IEEE 802,11.  Diimplementasikan oleh Komite Standar IEEE Wireless LAN,  MAN, standar jaringan 802,11 memiliki bentuk yang berbeda seperti 802.11a, 802.11b 802.11g dan 802.11n.

Wi-Fi adalah didesain berdasar pada spesifikasi IEEE 802.11. Saat  ini terdapat empat varian dari 802.11, yaitu:

  • 802.11a
  • 802.11b
  • 802.11g
  • 802.11n

Spek b merupakan produksi pertama Wi-Fi. Varian g dan n WiFi adalah  salah satu produk yang memiliki penjualan tertinggi di tahun 2005.

Spesifikasi Wi-Fi
Spesifikasi Kecepatan Frekuensi

Band
Cocok

dengan
802.11b 11 Mb/s ~2.4 GHz b
802.11a 54 Mb/s ~5 GHz a
802.11g 54 Mb/s ~2.4 GHz b, g
802.11n 100 Mb/s ~2.4 GHz b, g, n

hotspot WiFi adalah?

Hotspot WiFi adalah tempat yang menyediakan akses internet nirkabel dalam mode Wireless LAN ke jaringan komputer.  Sebuah router tunggal yang digunakan untuk menyediakan koneksi untuk berbagi  jaringan ke internet.  meskipun, Brett Stewart mempopulerkan konsep hotspot, tapi  Sebaliknya ia mengusulkan penggunaan istilah  Wireless LAN, dalam sebuah konferensi yang diadakan di Moscone Center,  San Francisco pada bulan Agustus 1993.  Penggunaan Hotsspot telah menyebar di tempat-tempat bisnis, mall-mall, warung kopi, lembaga-lembaga pendidikan dan tempat-tempat umum lainnya.

Sebelum menggunakan layanan internet  hotspot, seseorang harus menghubungkan Wireless LAN ke komputer nya.  Wireless LAN yang dipasang pada slot kartu PC komputer atau penggunaan USB Wireless LAN.  Umumnya Laptop telah mengintegrasikan Wireless LAN ini, selanjutnya cara kerja Wireless LAN  ini  biasanya secara otomatis mendeteksi jaringan internet nirkabel yang disediakan di hotspot.

Sejarah WiFi adalah?

Sejarah Wi-Fi berasal dari istilah puluhan tahun Hi-Fi yang terdiri dari  jenis output yang dihasilkan oleh kualitas Sound System. Teknologi WiFi – Wireless Fidelity berspesifikasi standar  IEEE 802.11 termasuk 802.11a, 802.11b dan 802.11g. WiFi adalah hanya istilah produk teknologi yang di promosikan oleh WiFi Alliance.

Sejarah Wifi itu sendiri bermula pada tahun 1985 atas kerja keras insinyur Amerika dengan penggunan Teknologi penyebaran spektrum radio  yang digunakan dalam Wi-Fi. Wirless LAN  atau Wifi dibuat dan tersedia untuk umum di Amerika Serikat dalam tahun 1985, tanpa lisensi dari Komisi Komunikasi Federal (FCC). Namun, usulan awal untuk menggunakan Wireless LAN dengan teknologi radio untuk publik ini dikemukakan oleh Michael Marcus di tahun 1980, meskipun harus menunggu selama 5 tahun barulah dibuat dan tersedia di negara-negara lain.

Teknologi Wireless LAN – Wi-Fi adalah dibuat dan dikembangkan para engineer AS yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. Piranti Wi-Fi sebenarnya bukan hanya bisa  bekerja pada jaringan Wireless LAN, namun  juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN).

Sejarah Wifi mencatat, Organisasi Riset Ilmiah dan Industri negara-negara Persemakmuran atau  Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO) sebuah badan penelitian di Australia mengajukan hak paten dari teknologi jaringan 802.11, yang digunakan  WiFi pada tahun 1996.

Sejarah WiFi – Wireless LAN memiliki perjalan panjang, meskipun teknologinya  telah merambah kota-kota kecil dan beberapa daerah di negara-negara maju, penggunaannya di negara-negara berkembang masih di bawah standar.  Banyak kota dan lembaga pendidikan mempromosikan pembentukan infrastruktur WiFi dalam premis mereka karena keberadaan wifi adalah prospektif

ADVERTISMENT